berita terkiniKeretaModa

Sebanyak 15 Perjalanan KA Argo Cheribon Dibatalkan

Motionupdate.com, JAKARTA – PT Kereta Api Indonesia (Persero) kembali mengambil kebijakan melakukan pembatalan perjalanan KA dalam upaya memutus rantai penyebaran COVID-19 atau virus Corona.

Khusus di Daop 3 Cirebon, terdapat 15 perjalanan KA Argo Cheribon yang dibatalkan pada tahap kedua ini dengan kurun waktu 1 April sampai dengan 1 Mei 2020. Dengan penyesuaian perjalanan KA Argo Cheribon tersebut, masyarakat tetap bisa memanfaatkan perjalanan KA Argo Cheribon lainnya yang masih tersedia.

“Masih ada 4 perjalanan KA Argo Cheribon yang beroperasi dari normalnya sebanyak 19 perjalanan tiap hari,” ujar Manager Humasda PT KAI Daop 3 Cirebon, Luqman Arif.

Secara rata-rata harian (kurun waktu 16 hari terakhir), Daop 3 Cirebon mengalami penurunan volume sebanyak 47% dibanding hari normal dari yang sebelumnya 5.838 pnp/hari menjadi hanya 3.089 pnp/hari. “Penurunan tertinggi terjadi di Stasiun Cirebon dengan prosentase penurunan sebesar 57%, disusul Stasiun Ciledug 51%, Jatibarang 44%, dan Stasiun Cirebon Prujakan turun sebesar 40%,” jelas Luqman.

Bagi calon penumpang yang terdampak pembatalan KA pada kurun waktu tersebut dapat mengajukan pengembalian bea tiket secara penuh 100% di luar bea pesan. Kali ini PT KAI tidak mengalihkan penumpang yang jadwalnya batal ke perjalanan KA lainnya, namun penumpang dapat melakukan pembelian tiket dengan jadwal KA yang lain secara mandiri.

Kebijakan pengurangan perjalanan KA serta kondisi pandemik corona yang terjadi saat ini, menyebabkan pembatalan sejumlah tiket KA. Secara total terhitung sejak tanggal 1 Maret hingga 29 Maret 2020, di wilayah Daop 3 Cirebon ada sebanyak 13.584 pembatalan tiket KA untuk keberangkatan sampai dengan 90 hari ke depan baik melalui loket stasiun dan jalur online.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close