berita terkiniMobilModa

Tips Melepas Ban Mobil di Saat Keadaan Darurat

Motionupdate.com, JAKARTA – Memiliki fungsi untuk meneruskan gerak dan pengereman ke permukaan jalan, ban merupakan salah satu komponen yang penting pada mobil.

Nah, Sobat Motion yang memiliki mobil pribadi harus lebih teliti untuk mengecek kondisi ban. Terlebih, saat melakukan proses melepas dan memasang ban sendiri.

Hal ini biasanya terjadi pada saat darurat seperti bocor atau kempes di tengah jalan dan mengharuskan Anda membuka dan memasang sendiri ban tersebut.

Langkah pertama yang harus di lakukan adalah mempersiapkan peralatan seperti kunci-kunci, kemudian melonggarkan sebagian baut.

Tahapan selanjutnya, Anda memasang dongkrak ke bagian kolong mobil. Pastikan meletakkan dongkrak pada dudukan sasis, biasanya sejajar dengan rumah ban, setelah itu baru membuka seluruh baut sampai ban bisa dibuka.

Pastikan kondisi transmisi masuk,karena kalau tidak akan mengalami kesulitan ketika akan membuka karena rodanya tidak terkunci.

Setelah itu, ketika hendak memasang ban lagi pertama pasang ban dan masukan baut secara menyilang agar ban terkunci. Kencangkan baut itu menggunakan tangan.

Langkah selanjutnya, turunkan dongkrak dan kencangkan semua baut pada pelek menggunakan kunci sampai benar-benar kencang.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close