berita terkiniKeretaModa

Setahun Beroperasi, MRT Jakarta Sudah Melayani 30 Juta Penumpang

Motionupdate.com, JAKARTA – Sejak diresmikan satu tahun lalu, tepatnya pada Minggu, 24 Maret 2019, oleh Presiden RI Joko Widodo, MRT Jakarta telah melayani lebih dari 30 juta penumpang dengan rata-rata penumpang mencapai sekitar 90 ribu orang per hari.

Hal ini sangat membanggakan mengingat target semula ‘hanya’ di 65 ribu orang per hari. MRT Jakarta telah membangun sekitar satu jalur dengan panjang 16 kilometer yang terdiri dari 10 kilometer jalur layang dan enam jalur bawah tanah, termasuk satu area depo seluas 10 hektare. MRT Jakarta juga telah mengoperasikan 16 rangkaian kereta otomatis. Hingga saat ini, layanan operasional telah menunjukkan ketepatan waktu 99,8 persen meliputi waktu tempuh, kedatangan, dan keberangkatan kereta. Dalam satu tahun ini pula, pembangunan fase 2 dimulai.

Direktur Utama PT MRT Jakarta (Perseroda) William Sabandar menyampaikan, “Terima kasih kami ucapkan kepada seluruh masyarakat yang telah menjadi bagian dari peradaban baru transportasi publik di Indonesia. Kami berharap MRT Jakarta dapat terus menjadi transportasi publik yang dapat selalu dipercaya dan diandalkan oleh masyarakat dalam mendukung mobilitas sehari-hari.”

“Kami akan terus berupaya untuk meningkatkan kualitas layanan dengan memperhatikan aspek keamanan, keselamatan dan kenyamanan agar semakin mendorong minat masyarakat dalam menggunakan transportasi publik khususnya MRT Jakarta untuk mobilitas keseharian,” tambah ia.

Menandai peringatan satu tahun beroperasinya MRT Jakarta ini pula, Pemerintah Negara Kesatuan Republik Indonesia melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama dengan Perum Peruri, PT Pos Indonesia (Persero), dan PT MRT Jakarta (Perseroda), menerbitkan prangko seri “Moda Raya Terpadu” pada Selasa, 24 Maret 2020 lalu.

Prangko dengan nominal Rp4.000,00 tersebut terdiri dari dua jenis, yaitu pertama, bergambar ratangga (istilah untuk kereta MRT Jakarta) di dalam terowongan di jalur bawah tanah dan kedua, ratangga yang sedang melewati jembatan lengkung di jalur layang.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close