berita terkiniModaNiaga

Toyota-Hino Sepakat Bikin Truk Bertenaga Hidrogen

Motionupdate.com, JAKARTA – Toyota Motor Corporation dan Hino Motors sepakat bekerjasama untuk mengembangankan truk berbahan bakar sel. Truk heavy duty hasil kolaborasi Toyota-Hino nantinya hanya akan meminum hidrogen.

Dalam siaran pers resmi Toyota mengatakan, “Toyota dan Hino bertekad untuk mengambil tindakan proaktif menuju penyelesaian masalah lingkungan global sebagai salah satu tugas perusahaan yang paling penting. Kedua perusahaan telah menyatakan tujuan ambisius untuk mengurangi emisi CO2 pada tahun 2050 dan sedang mengembangkan teknologi kendaraan listrik untuk digunakan secara luas di masyarakat. Untuk mencapai pengurangan lebih lanjut dalam emisi CO2, peningkatan besar akan diperlukan dalam kinerja lingkungan dari truk heavy-duty, yang menyumbang sekitar 60 persen dari total emisi CO2 dari kendaraan komersial di Jepang.”

Kabarnya, truk heavy duty ini akan menggunakan basis dari Hino Profia dengan sasis yang dirancang khusus secara optimal untuk kendaraan berbahan bakar sel.

Truk ini akan menggunakan dua fuel cell stack yang dikembangkan untuk Toyota Mirai untuk sistem penggeraknya. Kabarnya, truk hidrogen ini mampu melaju hingga 600 km. truk ini pun diklaim memenuhi standar tinggi dalam performa lingkungan dan kepraktisan kendaraan komersial.

“Toyota dan Hino telah memposisikan hidrogen sebagai sumber energi penting untuk masa depan dan telah bekerja sama dalam mengembangkan teknologi dan berinovasi pada kendaraan sel bahan bakar selama lebih dari 15 tahun sejak uji coba demonstrasi bersama mereka dari bus sel bahan bakar pada tahun 2003. Ke depan, Toyota dan Hino akan semakin memperkuat kemitraannya dan mempercepat upaya menuju terwujudnya masyarakat hidrogen,” ujar Toyota.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close