berita terkiniUlasan

Berkendara Dengan Kacamata Hitam Bisa Didenda Puluhan Juta

Motionupdate.com, JAKARTA – Berkendara dengan menggunakan kacamata hitam saat siang terik memang cukup membantu. Tapi, bukan sembarang kacamata hitam.

Melansir The Sun, sebenarnya ada empat kategori kacamata hitam. Rata-rata yang dipakai adalah level 2 yang bisa mengurangi cahaya terang yang masuk ke mata dari 18-43 persen. Jenis inilah yang direkomendasikan untuk dipakai ketika berkendara.

Namun, masih banyak pengendara yang masih saja menggunakan kacamata hitam yang lebih gelap. Bekendara di Inggris dengan menggunakan kacamata hitam tidak sesuai peraturan dianggap melanggar aturan lalu lintas lho.

Berkendara dengan menggunakan kacamata yang tidak standar bisa membahayakan pagi pengemudi atau pejalan kaki. Hal tersebut disebabkan si pengemudi tidak memiliki visibilitas yang baik.

Dalam Highway Code, pengemudi yang memiliki visibilitas buruk atau berkendara saat malam hari tak boleh menggunakan kacamata berwarna. Termasuk juga kacamata yang hanya untuk bergaya, dianggap akan bisa menimbulkan masalah bagi pengemudi.

Jika tetap nekat mengenakannya, maka dendanya bisa mencapai GBP 100 atau rp 1,8 jutaan dan mendapatkan 3 poin pinalti, untuk penindakan di tempat. Sedangkan jika permasalahan tersebut sampai dibawa ke meja pengadilan, maka dendanya bisa mencapai GBP 5.000 (Rp 93 jutaan), 9 poin pinalti, dan parahnya bisa dilarang berkendara.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close