berita terkiniKeretaModa

KAI Resmikan Operasional Lokomotif Uap D1410

Motionupdate.com, JAKARTA – PT Kereta Api Indonesia (Persero) dan Pemerintah Kota Solo meresmikan operasional Lokomotif Uap D1410 di depan Loji Gandrung-Solo.

Peresmian secara simbolik dilakukan dengan pemotongan untaian melati serta prosesi pecah kendi oleh Direktur Utama KAI Edi Sukmoro dan Wakil Walikota Surakarta Achmad Purnomo  sebagai ungkapan doa atas dioperasikannya kembali Lokomotif Uap D1410 setelah menjalani proses restorasi.

Mengawali kegiatan peresmian EVP Daop 6 Yogyakarta Eko Purwanto memberikan laporan terkait sejarah Lok D14, proses restorasi, serta perjalanan Lok D1410. Kereta uap ini merupakan satu-satu nya lokomotif tipe D14 yang masih ada di Indonesia. Direstorasi di Balai Yasa Yogyakarta selama sembilan bulan dari bulan februari hingga November 2019 yang terdiri dari sebuah lokomotif kuno berusia 124 tahun dan dua gerbong kayu.

Sebelum menjalani masa perbaikan, loko uap ini digunakan untuk menarik gerbong kereta api wisata Jaladara yang melintasi Kota Solo. Namun kereta ini sempat mangkrak selama 2 tahun, sebelum akhirnya dibawa ke Balai Yasa Yogyakarta untuk perbaikan.

Usai penyampaian laporan tamu undangan diajak melihat pemutaran video sejarah singkat perjalanan Lokomotif Uap D1410.

Wakil Walikokata Surakarta Achmad Purnomo, sangat mengapresiasi kehadiran lokomotif uap D1440, pasalnya lokomotif uap ini semakin memperkaya armada pariwisata kota Solo yang sudah ada sebelumnya baik itu Kereta Jaladara dan berbagai armada lainnya.

“Harapannya nantinya bisa digunakan oleh masyarakat dan menambah kunjungan masyarakat baik dari Kota Solo maupun luar kota untuk berwisata ke Solo,” ungkapnya.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close