berita terkiniKeretaModa

Dirut KAI Pantau Reaktivasi Jalur Kereta Cibatu-Garut

Motionupdate.com, JAKARTA – PT Kereta Api Indonesia (Persero) kembali melakukan pengecekan reaktivasi jalur kereta Cibatu-Garut pada Jum’at (31/1). Dalam pengecekan tersebut untuk memastikan kesiapan prasarana mulai dari jalur rel, persinyalan, dan juga stasiun yang akan digunakan sepanjang jalur Cibatu-Garut.

“Jalur ini harus sering dilalui ya, untuk uji coba ketahanan daripada jalur rel itu sendiri dan jembatan. Harapan saya minggu kedua bulan Februari bisa dilakukan uji coba. Warga Garut, Wanaraja juga bisa naik. Bisa bablas sampai Cibatu, Bandung bahkan sampai Jakarta,” Direktur Utama KAI Edi Sukmoro.

Saat ini progres reaktivasi hampir selesai, dimana rel telah tersambung dari Stasiun Cibatu hingga ke Stasiun Garut.

“Perbaikan stasiun juga sudah hampir selesai seluruhnya. Tinggal sedikit yang perlu kami selesaikan, sehingga kami optimis jalur ini dapat segera dioperasikan,” ungkap Edi.

Ia juga menjelaskan bahwa saat ini pihaknya tengah berkoodinasi dengan Kemeterian Perhubungan terkait perizinan operasional jalur kereta tersebut.

“Minggu kedua kita laksanakan uji coba. Tujuh sampai 10 hari setelah itu jika perizinannya keluar maka kita operasionalkan secara komersial,” jelasnya.

Edi menambahkan, jalur kereta Cibatu-Garut masih single track, jadi dalam sehari hanya dilakukan 4 kali perjalanan PP dan KAI akan akan fokus pada jumlah kereta dalam satu rangkaian serta menambahkan gerbong untuk barang.

Kehadiran transportasi kereta api di Garut dapat meningkatkan konektivitas, membuka potensi wisata baru, dan meningkatkan perekonomian masyarakat di wilayah Garut dan sekitarnya.

Jika penumpang Garut ke Jakarta banyak, maka tidak menutup kemungkinan akan dibuat jalur langsung ke Jakarta tanpa harus menyambung kereta lain.

“Kita lihat bagaimana nanti ya, ini sudah sampai Garut. Kalo memang penumpang dari Garut ke Jakarta potensial atau besar, nanti kita buat dari Garut langsung ke Jakarta. Sangat mungkin,” katanya.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close