berita terkiniKeretaModa

MRT Jakarta Segera Menggunakan Sistem QR Code Untuk Tiket Ratangga

Motionupdate.com, JAKARTA – Pembayaran dengan sistem uang elektronik sudah semakin menjamur di masyarakat, tidak kecuali untuk sektor transportasi. Bagi PT MRT Jakarta sebagai operator sistem transportasi massal perkotaan berbasis rel di Jakarta, tren ini akan diimplementasikan dalam sistem pembelian dan pemindaian tiket di gerbang penumpang (passenger gate).

Saat ini, PT MRT Jakarta sedang menyiapkan sistem pemindaian tiket menggunakan QR Code di gerbang penumpang (passenger gate) yang akan dilengkapi dengan fitur pindai tersebut. Nantinya, masyarakat dapat membeli tiket elektronik melalui aplikasi seluler yang sedang dikembangkan oleh perusahaan dan membayar tarif perjalanan menggunakan sistem QR Code yang akan disiapkan oleh mitra perusahaan.

Kemudian, penumpang tinggal memindai tiket elektronik tersebut di fitur pemindai QR Code di gerbang penumpang yang telah dilengkapi fitur tambahan pemindai sehingga tidak perlu antre untuk membeli tiket sekali perjalanan (single trip ticket) atau di gerbang penumpang tanpa fitur pemindai QR Code. Tiba di stasiun tujuan, penumpang pun tinggal memindai tiket elektroniknya. Waktu pemindaian di gerbang penumpang dipastikan akan lebih cepat dibandingnya dengan kartu uang elektronik.  Rencananya, di akhir 2019, fitur QR Code ini sudah dapat digunakan oleh masyarakat.

Selain menyiapkan tiket elektronik ini, PT MRT Jakarta juga menargetkan untuk penggunakaan kartu multi trip (multi trip ticket) agar dapat digunakan pada akhir November 2019 mendatang.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close