berita terkiniEvent

Anies Baswedan Resmikan Gerakan #RuangBacaJakarta di Stasiun MRT Jakarta

Motionupdate.com, JAKARTA – Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan, meresmikan gerakan #RuangBacaJakarta. Peresmian ditandai dengan membaca buku bersama-sama selama perjalanan dari Stasiun Bundaran Hotel Indonesia menuju Stasiun Lebak Bulus Grab.

“Hari ini, kita meresmikan program #RuangBacaJakarta di Stasiun MRT Jakarta, kita mulai di Stasiun Bundaran HI dan Stasiun LBB Grab. Tujuannya untuk membangun gerakan baca karena kita sadar pentingnya literasi bagi masyarakat,” ujar Gubernur Anies.

“Hari ini juga bertepatan dengan Hari Aksara Internasional. Itulah kenapa kita luncurkan hari ini dan pada saat yang bersamaan, Jakarta menjadi tuan rumah Indonesia International Book Fair 2019, kita berharap semangat untuk membaca dan menambah pengetahuan bisa semakin tinggi,” lanjutnya.

“Tadi di kereta, saya baca kisah inspiratif yang terkait dengan Antara. Dalam perjalanan dari stasiun ada jeda waktu sehingga silakan digunakan untuk membaca dan bukunya bisa dikembalikan di stasiun berikutnya,” lanjut ia. “Kita inngin agar membaca menjadi kebiasaan. Mengisi waktu selama perjalanan. Bacaan pendek, kisah-kisah pendek cukup untuk waktu 30 menit,” tutur Anies.

Sementara itu, William Sabandar menyampaikan bahwa MRT Jakarta akan memulai gerakan dan kampanye #RuangBacaJakarta ini dengan mengumpulkan donasi buku masyarakat untuk memasukkan di setiap stasiun MRT Jakarta.

“Selain itu, kita akan siapkan micro library yang akan ditempatkan di sekitar Taman Dukuh Atas pada Oktober 2019 ini. Kita juga akan bekerja sama dengan Perpustakaan Nasional RI di awal 2020 terkait digital library,” jelas ia.

“Jadi diletakkan di area setelah penumpang mengetap masuk agar setelah melakukan pengetapan, dapat mengambil buku, dibaca selama perjalanan, dan dikembalikan di rak di stasiun tujuan sebelum melakukan pengetapan keluar,” jelas ia.

Selain itu, penumpang dapat melakukan donasi buku melalui program “MRT Jakarta Berbagi Buku” di tempat yang telah disediakan mulai 8 September hingga 7 Oktober 2019. Buku-buku tersebut nantinya akan didonasikan ke sekolah atau komunitas dan yayasan yang membutuhkan. Selain itu, sebagian buku-buku dari hasil pengumpulan tersebut juga akan ditempatkan di sejumlah rak yang terdapat di Stasiun Bundaran HI, Dukuh Atas BNI, Blok M BCA, dan Lebak Bulus Grab.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close