berita terkiniUlasan

Cara Aman Mengendarai Mobil di Jalan Tol

Motionupdate.com, JAKARTA – Kecelakaan beruntun terjadi di Tol Cipularang kilometer 91, wilayah Sukatani, Purwakarta, Jawa Barat. Berdasarkan keterangan Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Jawa Barat, sekurangnya 21 kendaraan berbagai jenis terlibat dalam tabrakan beruntun itu.

Berdasarkan data sementara yang dihimpun Ditlantas Polda Jabar, korban meninggal ada 8 orang. Sedangkan korban luka ringan dan berat berjumlah 20 orang.

Terlepas dari apa penyebab dan siapa yang bertanggung jawab, kecelakaan di jalan tol seharusnya bisa terhindar asalkan masing-masing pengemudi paham betul bagaimana peraturan yang berlaku.

Nah, berikut adalah beberapa tips saat mengendarai mobil di jalan tol:

  1. Jaga Jarak Aman

Jarak ideal antara kendaraan adalah sekitar 10-20 meter. Bagi Anda yang masih pemula, bisa menggunakan metode ‘Jarak 3 Detik’. Dalam cara tersebut, Anda bisa menggunakan selisih waktu antara mobil yang Anda kendarai dengan mobil yang ada di depan Anda sekitar tiga detik.

  1. Hindari Rasa Kantuk dan Melamun

Bentuk jalan tol yang lurus dan didukung pula dengan kecepatan konstan yang harus dipenuhi, dapat membuat pengendara bosan sehingga dapat menyebabkan rasa kantuk ataupun melamun. Kegiatan ini sangat berbahaya bagi diri Anda dan juga pengendara lain.

  1. Gunakan Jalur Lambat

Jalur kanan merupakan jalur untuk kendaraan yang ingin mendahului kendaraan lain, sebaiknya Anda menggunakan jalur lambat untuk kenyamanan diri Anda sendiri dan juga pengendara lain. Kecepatan ideal ketika berada di dalam jalan tol berkisar antara 60-80 km per jam jika Anda berada di jalur paling kiri atau jalur lambat.

  1. Jangan Panik

Ketika sewaktu-waktu mobil Anda mengalami gangguan di jalan tol, usahakan untuk tidak merasa panik. Sebaiknya Anda langsung menyalakan lampu sen ke pinggir jalan dan tidak secara drastis menurunkan kecepatan mobil Anda.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close