berita terkiniMobilModa

Sembilan Cara Menghemat Bahan Bakar. Cekidot!

Motionupdate.com, JAKARTA – Selain menghemat pengeluaran, menghemat bahan bakar saat mengemudi juga dapat membantu mengurangi emisi gas buang lho!

Ada Sembilan cara untuk menghemat konsumsi bahan bakar dan menurunkan tingkat polusi kendaraan hingga 20 persen. Apa saja?

  • Biasakan transmisi ke posisi yang lebih tinggi secepat mungkin, disarankan sebelum menyentuh angka 2.000 rpm.
  • Sedapat mungkin pertahankan kecepatan pada putaran ekonomis. Putaran ekonomis pada mesin bensin ada di 2.000-2.500 rpm, sedangkan mesin diesel di kisaran 1.000-1.500 RPM. Untuk mobil yang sudah punya fitur Eco Driving, pastikan lampu indikator selalu menyala hijau.
  • Hindari pengereman dan akselerasi yang tidak perlu. Pengereman yang tidak diperlukan akan memboroskan energi, oleh karena itu hindari akselerasi ekstrem, kecuali dalam keadaan terpaksa. Antisipasi kondisi lalu lintas dan tidak berada di belakang mobil lain terlalu dekat dapat menghemat bahan bakar hingga 5-10 %.
  • Lakukan akselerasi dan memperlambat kendaraan dengan lembut. Ketika akselerasi, tekan pedal gas secara perlahan. Dan untuk memperlambat atau menghentikan kendaraan, lakukan dengan lembut dan persneling tetap dalam keadaan masuk.

Untuk lebih menghemat bahan bakar, dapat juga dengan menetralkan segera transmisi/menekan pedal kopling (bila tenaga mesin untuk pengereman tidak diperlukan lagi), sehingga mesin akan secepatnya kembali pada putaran ideal dan sisa energi dorong (kinetis) kendaraan dapat dimanfaatkan sampai ke posisi yang diinginkan

  • Pulse and glide. Khususnya pada mobil matik, saat berjalan dengan kecepatan konstan, injak pedal gas perlahan hingga kecepatan maksimal 100 km/jam, lalu lepas gas. Saat kecepatan mulai menurun injak lagi pedal gas hingga 100 km/jam, lalu lepas lagi. Lakukan terus secara berulang. Tapi cara ini hanya bisa dilakukan pada kondisi jalan lengang atau jalan bebas hambatan saja ya.
  • Matikan mesin bila tidak diperlukan atau berhentinya diperkirakan lebih dari 60 detik. Dan langkah ketujuh, perhatikan muatan/beban, karena ini adalah faktor utama yang mempengaruhi pemakaian bahan bakar.

Penambahan beban 100 kg akan meningkatkan konsumsi bahan bakar sekitar 6-7 %. Maka itu, kurangi beban tambahan yang tidak perlu pada kendaraan Anda.

  • Gunakan AC seperlunya. Saat kecepatan tinggi, menggunakan AC akan lebih hemat daripada membuka jendela, karena adanya hambatan aerodinamis yang ditimbulkan dari membuka jendela.
  • Periksa tekanan ban agar tetap dalam kondisi ideal. Tekanan ban ideal untuk mobil sekitar 36psi. Tekanan ban yang terlalu rendah mempunyai akibat kurang baik pada jarak pengereman. Untuk memastikan tekanan ban, periksa sedikitnya sekali sebulan.
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close