berita terkiniUlasan

Tingkatkan Layanan Sektor Perhubungan Darat, Kemenhub Digitalisasi Layanan

Motionupdate.com, JAKARTA – Demi meningkatkan layanan di sektor Perhubungan Darat, Kementerian melakukan sejumlah digitalisasi layanan dan bekerjasama dengan sejumlah badan usaha lewat program “Digitalisasi Layanan Registrasi Uji Tipe dan Pengujian Berkala Kendaraan Bermotor Serta Peningkatan Fasilitas pada Prasarana Perhubungan Darat”

Digitalisasi layanan yaitu Penerapan Penerbitan Elektronik Sertifikat Registrasi Uji Tipe (e-SRUT) pada Pengujian Tipe Kendaraan Bermotor dan Kartu Bukti Lulus Uji Berkala Elektronik (BLUe) pada Pengujian berkala Kendaraan Bermotor.

“Melalui digitalisasi ini diharapkan pelayanan kepada masyarakat khususnya di sektor perhubungan darat semakin meningkat,” jelas Menhub.

Menhub mengatakan, dengan digitalisasi layanan ini akan semakin meningkatkan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang hasilnya akan digunakan kembali untuk meningkatkan pelayanan sektor perhubungan darat. PNBP dari digitalisasi layanan ini ditargetkan mencapai 1 triliun Rupiah pada akhir tahun dan diharapkan akan kembali kepada masyarakat melalui subsidi atau buy the service.

“Penerapan digitalisasi ini akan mendatangkan kemudahan dan dapat meningkatkan PNBP. Itu semua akan kembali ke masyarakat,” ungkapnya.

“Masih ada sejumlah terminal bus Tipe A seperti di Bali Utara yaitu Terminal Mengwi yang keberadaanya belum maksimal. Oleh karenanya kita akan subsidi kepada perusahaan bus untuk mengoperasikan bus menuju Terminal Mengwi setiap 10 menit untuk lebih memberdayakan terminal,” tambahnya.

Menhub menjelaskan, dalam waktu setahun kedepan Terminal tipe A menjadi one stop service dan angkutan bus menjadi lebih banyak diminati masyarakat.

“Kami akan bangun 40 terminal tahun depan dan saya minta Organda menyediakan bus yang baru,” tutur Menhub.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close