berita terkiniEvent

MRT Jakarta Gelar Diskusi Panel GRC 2019

Motionupdate.com, JAKARTA – PT MRT Jakarta menggelar Diskusi Panel GRC 2019 “Peran Business Continuity Management (BCM) untuk Keberlanjutan Perusahaan” yang berlangsung pada Kamis (22-8-2019) lalu di Thamrin Nine Ballroom, UOB Plaza, Jakarta Pusat.

Diskusi panel bertujuan untuk membagikan pengalaman PT MRT Jakarta dalam implementasi BCM serta mendapatkan pengalaman dari peserta diskusi yang terdiri dari sejumlah perwakilan dari pemerintah pusat, provinsi DKI Jakarta, Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Provinsi DKI Jakarta, dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Dalam sambutannya, Direktur Utama PT MRT Jakarta, William Sabandar, menyampaikan, “MRT Jakarta ingin berbagi pengalaman terkait pelaksanaan Governance, Risk Management, and Compliance sebagai bagian dari nyawa dan jiwa MRT Jakarta.Quality, safety, and security adalah bisnis MRT Jakarta. Lima bulan setelah kami beroperasi, MRT Jakarta langsung diuji oleh beberapa situasi krisis, salah satunya adalah aksi unjuk rasa pasca pilpres 2019 dan padam listrik massal (power outage).”

“Kami mendapatkan sejumlah pembelajaran besar dari dua hal tersebut, misalnya perlunya sosialisasi dan edukasi kepada publik terkait proses evakuasi, penyempurnaan SOP kondisi kedaruratan, dan simulasi secara berkala,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Usaha Transportasi dan Properti Badan Pembinaan Badan Usaha Milik Daerah (BP BUMD) Provinsi DKI Jakarta, Ahmad Ghifari, menyampaikan, “Salah satu hal penting ketika lahirnya perusahaan ini adalah pembentukan divisi risk management. Kami mengapresiasi upaya yang sudah dilakukan oleh perusahaan selama ini. Pemerintah DKI Jakarta berharap agar seluruh BUMD pada 2022 mendatang sudah memiliki daya tahan terhadap business model yang dibangun.”

“Semoga ajang diskusi pagi ini menjadi pedoman bagi BUMD lain untuk mulai melaksanakan risk management di perusahaan masing-masing, melihat perkembangan dunia usaha yang juga memunculkan risiko baru. Oleh karena itu, sebuah organisasi dituntut untuk mampu memitigasi risiko. Semoga peran BCM dapat memberikan manfaat berupa peningkatan kinerja bagi perusahaan,” pungkas ia.

 

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close