berita terkiniKeretaModa

Rail Clinic Beri Layanan Kesehatan di Stasiun Saradan

Motionupdate.com, JAKARTA – PT Kereta Api Indonesia (Persero) melalui kereta kesehatan atau Rail Clinic kembali mengadakan bakti sosial pelayanan kesehatan gratis di Kabupaten Madiun tepatnya di Stasiun Saradan pada Rabu (21/8).

Vice President Daop 7, Wisnu Pramudyo menjelaskan, “Pelayanan kesehatan tersebut meliputi pemeriksaan umum, gigi, kesehatan ibu anak, mata, laboratorium sederhana (gula darah, asam urat, dan kolesterol), dan penyuluhan kesehatan.”

Selain pemeriksaan kesehatan, warga juga diberi pembinaan serta sosialisasi mengenai keselamatan dan keamanan perjalanan kereta api oleh petugas dari Unit Keamanan Daop 7 Madiun.

Setidaknya sebanyak 300 warga masyarakat di sekitar Stasiun Saradan dan 102 siswa SD yang berasal dari SDN 3 Sugihwaras sebanyak 37 siswa, serta dari SDN Sidorejo sebanyak 65 siswa menikmati pelayanan kesehatan gratis ini.  Tidak hanya pengobatan, dalam kegiatan ini juga dibagikan sebanyak 50 kacamata secara gratis untuk siswa-siswi SD dan masyarakat kurang mampu.

Dalam pelaksanaan bakti sosial ini, KAI menggunakan Rail Clinic generasi keempat, dimana terdapat dua kereta layanan kesehatan dan dua kereta sebagai perpustakaan yang diberi nama Rail Library. Rail Library memiliki beberapa fasilitas, diantaranya berbagai macam buku bacaan dan pengetahuan yang  dapat dimanfaatkan bagi siapa saja yang hadir. Guna kelancaran dalam memberikan pengobatan gratis, KAI Daop 7 Madiun melibatkan 31 orang tenaga medis dan dua orang tenaga untuk Rail Library dengan dibantu 14 orang railfans dan support dari tiap-tiap unit dengan total sebanyak 97 personil.

“Tidak hanya di Stasiun Saradan, pengobatan gratis serta pemberian kacamata gratis ini juga akan diselenggarakan di Kabupaten Ngawi yaitu di Stasiun Walikukun tanggal 22 Agustus 2019 yang diikuti sebanyak 300 warga sekitar dan 167 siswa SD yang terdiri dari SDN 5 Walikukun, SDIT, dan MI Walikukun,” ucap Wisnu.

Total peserta yang terdaftar dalam pengobatan gratis pada ini mencapai 600 warga masyarakat dan 269 siswa SD. Tidak menutup kemungkinan bagi warga yang tidak mendapatkan kupon juga tetap dilayani.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close