berita terkiniUlasan

Integrasi Pembayaran Transjakarta Dengan LRT Jakarta Sudah Mulai di Uji Coba

Motionupdate.com, JAKARTA – Uji coba integrasi pembayaran moda transportasi publik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta antara Transjakarta dengan LRT Jakarta sudah di mulai pada Jum’at (26/7).

Pengguna Transjakarta yang juga menggunakan layanan LRT Jakarta akan dikenakan biaya Rp 0. Sedangkan tarif Transjakarta tetap Rp 3.500.

Direktur Utama Transjakarta Agung Wicaksono mengatakan integrasi pembayaran dengan LRT akan mendorong masyarakat memanfaatkan moda transportasi publik dibandingkan kendaraan pribadi baik itu motor maupun mobil.

“Kemudahan menjadi salah satu persyaratan orang memilih angkutan umum,” katanya.

Integrasi pembayaran dengan yang biaya terjangkau juga akan mendorong publik menggunakan transportasi umum. Karena berdasarkan penelitian yang diungkap bahwa biaya transportasi di dalam negeri cukup tinggi.

Disebutkan masyarakat menengah ke bawah di Indonesia menghabiskan sekitar 25%-30% dari pendapatan per bulan untuk biaya transportasi. Padahal, standar Bank Dunia umumnya biaya transportasi hanya sekitar 10% dari pendapatan. Di Tiongkok, presentasi transportasi terhadap pendapatan hanya 7%. Singapura bahkan bisa menekan pengeluaran untuk transportasi hanya sekitar 3% dari pendapatan.

Uji coba integrasi pembayaran Transjakarta dengan LRT Jakarta ini akan menambah pengguna transportasi umum. Apalagi Transjakarta memiliki program unggulan yakni Velodrome ke Sudirman dengan waktu perjalanan 35 menit.

Selain integrasi pembayaran, Transjakarta dan LRT Jakarta juga sedang mengerjakan jembatan penghubung (Skybridge) antara Stasiun LRT Jakarta Velodrome dengan Halte Transjakarta Pemuda Rawamangun.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close