berita terkiniKeretaModa

Begini Rencana Pengerjaan Proyek MRT Jakarta Fase 2 dan 3

Motionupdate.com ,JAKARTA – PT MRT Jakarta menyampaikan perkembangan pembangunan koridor MRT Jakarta Utara-Selatan, fase 2 Bundaran HI-Kota dan rencana pembangunan koridor MRT Jakarta Timur-Barat fase 3 Kalideres-Cempaka Baru.

“Paket kontrak untuk fase 2 kami targetkan selesai tahun ini sehingga 2020 bisa segera dimulai pembangunan sipilnya. Target penyelesaiannya di kuarter keempat 2024,” ungkap Direktur Utama PT MRT Jakarta, William Sabandar.

“Sedangkan jalur timur-barat akan terdiri dari wilayah DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat. Khusus untuk wilayah DKI Jakarta akan terdiri dari dua tahap, yaitu tahap pertama sepanjang 20,1 km yang membentang dari Kalideres hingga Cempaka baru dan tahap kedua sepanjang 11,6 km yang membentang dari Cempaka Baru hingga Ujung Menteng,” ujar ia.

“Tahap pertama tersebut terdiri dari dua jenis jalur, yaitu jalur layang dari Kalideres hingga Grogol sepanjang sekitar 11 km dan jalur bawah tanah dari Grogol hingga Cempaka Baru sepanjang sekitar sembilang kilometer. Tahap kedua seluruhnya adalah jalur layang,” kata William.

Selain memaparkan rencana ekspansi tersebut, Wiliam juga menyampaikan perkembangan terbaru operasional MRT Jakarta fase I jalur Utara-Selatan koridor Lebak Bulus-Bundaran HI yang telah resmi beroperasi pada 24 Maret 2019 silam.

“Statistik penumpang menunjukkan pada Juli 2019 ini, jumlah rata-rata pengguna MRT Jakarta mencapai 94.824 orang per hari. Ada kenaikan 15,9 persen dari Juni 2019,” kata William.

PT MRT Jakarta juga menyiapkan fokus aksi untuk meningkatkan aksesibilitas berjalan kaki dan bersepeda dari dan ke area Stasiun MRT.

“Fokus aksi kami adalah perbaikan infrastruktur pejalan kaki di luar jalan utama sebagai koneksi first and last mile perjalanan orang. Setidaknya dalam radius 500 meter dari stasiun MRT yang juga mencakup trotoar dan jalan penghubung dan jalan lingkungan,” jelas ia.

Jangka pendek akan dilakukan pada Agustus-November 2019 dengan melakukan pengecatan jalan untuk menandai area-area khusus seperti tempat parkir, zona aman sekolah, pejalan kaki, dan lain-lain. Jangka menengah akan dilakukan selama Desember 2019 hingga Januari 2020 dengan pemberian tanda dan penunjuk arah, berupa marka jalan, menuju stasiun MRT terdekat; penambahan jalur sepeda; dan pembenahan kanopi atau penuh trotoar. Sedangkan jangka panjang akan meliputi pembenahan trotoar untuk jalan penghubung dan peneduh jalan yang akan dilakukan selama kurun waktu Februari-Mei 2020.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close