berita terkiniMobilModa

Mobil Jarang di Pakai, Tidak Perlu Servis Berkala?

Motionupdate.com, JAKARTA – Kata siapa mobil yang jarang di pakai tidak perlu melakukan servis berkala?

“Sudah ada ketentuannya, antara jarak dan waktu. Kalau berdasarkan jarak itu kan tiap 10.000 km, sementara dari waktu maksimal tiap enam bulan sekali,” ucap Kepala Bengkel Auto2000 Yos Sudarso, Suparman.

“Intinya sering atau tidaknya mobil digunakan, maka kewajiban pergantian oli harus tetap dilakukan,” jelasnya.

Menurut Suparman, pergantian oli mesin menjadi salah satu hal yang tidak bisa ditawar. Karena pada dasarnya, mobil jarang digunakan tetap akan ada penurunan kualitas oli.

Belum lagi dengan masalah-masalah lain yang bisa mempengaruhi kualitas oli. Contohnya seperti tercampur dengan uap air akibat terdapat perbedaan dengan suhu luar.

Atau pun zat lain yang dapat mempengaruhi kerja mesin ketika digunakan, dan yang tidak kalah penting terkontaminasi oleh kotoran yang mengendap di bagian dasar mesin.

Selain berguna sebagai pelindung gesekan antar komponen, sebenarnya oli memiliki banyak peran yang tak boleh disepelekan. Contoh untuk meredam panas mesin melalui kandungan zat aditifnya, termasuk untuk mencegah korosi.

Kandungan zat aditif pada oli memiliki masa pakai, artinya bila sudah terlalu lama di dalam mesin dan terkontaminasi dengan baragam faktor sangat memungkinkan membuat fungsinya hilang.

“Ini memang perlu menjadi perhatian, karena oli merupakan cairan pada kendaraan yang memiliki banyak fungsi dan tidak bisa diabaian,”

“Agar mesin kendaraan awet meski mobil jarang digunakan, pastikan untuk tetap melakukan perawatan sesuai waktunya di bengkel resmi,” ungkapnya.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close