berita terkiniMobilModa

Tips Menjaga Kinerja Aki Mobil Tetap Bagus

Motionupdate.com, JAKARTA – Aki merupakan salah satu komponen penting pada mobil. Oleh sebab itu performanya harus tetap dijaga agar mobil tetap bisa berfungsi normal ketika digunakan beraktivitas.

Secara fungsi, aki itu sendiri terbagi menjadi tiga, yaitu sebagai starter (electric starter), supply kelistrikan (lampu, klakson, signal, ECU, dll) dan penstabilan tegangan (untuk melindungi alat-alat kelistrikan).

Sapta Agung Nugraha, Kepala Bengkel Auto2000 Bekasi Barat menjelaskan, dalam merawat aki sebenarnya tidak sulit. Tetapi wajib diperhatikan dan dilakukan perawatan agar bisa bekerja dengan baik.

Paling utama adalah menjaga voltase aki di 12 Volt dengan cara tidak menambah beban kelistrikan pada aki standar atau bawaan mobil. Setelah itu ketika berhenti parkir, pastikan lampu-lampu kendaraan semuanya dalam keadaan mati.

Selain itu, apabila mobil lama tidak digunakan, pastikan setiap dua atau tiga hari mobil dinyalakan kira-kira 5-10 menit agar accu/baterai mendapatkan pengisian (charge) dari alternator.

Paling penting, adalah membersihkan terminal aki dari kotoran dengan menggunakan air panas, kemudian dilap sampai kering lagi. Terakhir bisa jiga melepas kabel aki saat mobil tidak digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama.

“Jadi dengan cara melakukan hal seperti itu saja sudah bisa menambah atau mempertahankan usia dari aki mobil itu sendiri. Jangan terlalu menganggap enteng karena aki butuh perawatan juga,” tutur Sapta.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close