berita terkiniModaPesawat

Bandara Terbaru Timur Leste Dibangun Oleh Perusahaan BUMN Indonesia

Motionupdate.com, JAKARTA –  Pemerintah Timor Leste telah meresmikan Bandara Internasional Oe-Cusse pada hari, Selasa (18/6/2019). Menariknya, Bandara tersebut dibangun oleh PT Wijaya Karya Tbk yang merupakan perusahaan BUMN Indonesia.

Dalam peresmian Bandara  Oe-Cusse hadir Presiden Timor Leste Francisco Guterres bersama Presiden Wilayah Administrasi Khusus Oe-Cusse Mari Alkatiri, Duta Besar Republik Indonesia untuk Timor Leste Sahat Sitorus, Gubernur Provinsi Nusa Tenggara Timur Victor B. Laiskodat dan Direktur Utama PT Wijaya Karya Tbl. Tumiyana.

Presiden Timor Leste Francisco Guterres menyatakan bahwa kehadiran bandara tersebut diharapkan dapat mempererat hubungan negara dengan Indonesia serta negara tetangga.

“Kami berharap keberadaan bandara ini dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke negaranya,” jelas Guterres.

Sementara itu, Presiden Wilayah Administrasi Khusus Oe-Cusse Mari Alkatiri mengatakan pihaknya akan membangun berbagai sektor, terutama pariwisata di daerah.

“Kami akan membangun hotel dan sarana pendukung lainnya agar makin banyak turis yang berkunjung ke sini,” ungkapnya.

Sementara itu, Tumiyana menjelaskan bahwa pembangungan proyek Bandara Oe-Cusse menghabiskan waktu selama 2 tahun. Dalam pengerjaan proyek, PT Wijaya Karya Tbk. (WIKA) bertindak sebagai kontraktor sekaligus pendesain bandara dan sarana pendukung lainnya.

“Proyek senilai US$120 juta ini merupakan salah satu dari sejumlah proyek kami lainnya di sini sejak 2012. [Bandara] ini proyek terbesar WIKA di Timor Leste,” ujarnya.

Saat ini, Bandara Oe-Cusse memiliki landasan pacu sepanjang 2.200 meter dan berpotensi diperpanjang hingga 3.300 meter sehingga dapat didarati pesawat berbadan lebar. Adapun, kapasitas terminal saat ini mampu menampung 500.000 penumpang per tahun.

Seiring dengan peresmian bandara tersebut, Citilink menjadi pesawat komersial pertama yang mendarat di Oe-Cusse dengan membawa rombongan WIKA.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close