berita terkiniModaNiaga

Tiket Botol Plastik Bus Suroboyo Dilelang Rp 150 Juta

Motionupdate.com, SURABAYA – Sejak beroperasinya Suroboyo Bus yang menggunakan botol plastik sebagai tiketnya pada April 2018 hingga Januari 2019, Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH) Kota Surabaya berhasil mengumpulkan 39 ton sampah botol plastik.

Plt DKRTH Kota Surabaya Eri Cahyadi menjelaskan bahwa botol plastik tersebut dilakukan lelang melalui Dirjen Kekayaan Negara (DJKN). Dari hasil lelang tersebut, DKRT berhasil meraih Rp 150 juta dan dimasukan ke Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Semua botol plastik yang terkumpul sudah ditetapkan sebagai kekayaan daerah, sehingga secara otomatis botol sampah 39 ton tersebut dilelang oleh DJKN. Sistem lelang yang digunakan ini mencari pemenang dengan penawaran tertinggi, waktu itu dibuka dari harga Rp 80 juta,” ungkap Eri.

“Dananya masuk ke APBD lalu dicampur. Masuk ke PAD retribusi, atau bisa masuk ke pajak Izin Mendirikan Bangunan (IMB) atau bisa masuk Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) masuk jadi satu, setelah itu baru dibelanjakan,” lanjut Eri.

Menurut Eri, pihaknya baru bisa melelang sampah botol plastik saat ini sebab sebelumnya belum sampah terswbut belum ditetapkan siapa yang berwenang menanganinya.

“Jadi kita simpan dulu di rumah-rumah kompos dan baru dilelang beberapa waktu lalu setelah semuanya clear,” ujar pria yang juga Kepala Bappeko itu.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close