berita terkiniMobilModa

Mau Berkendara Dengan Aman? Cek Kondisi Wiper Lebih Dulu

Motionupdate.com, JAKARTA – Berkendara di musim mudik Lebaran tahun ini akan diwarnai dengan cuaca yang tak menentu. Pasalnya sampai saat ini di beberapa wilayah curah hujan masih cukup tinggi.

Kondisi tersebut membuat Anda harus benar-benar menyiapkan mobilnya agar siap tempur menempuh perjalanan jauh. Seperti diketahui, senjata utama berkendara saat menghadapi hujan lebat adalah wiper, jadi baiknya pastikan kondisi wiper tetap bekerja optimal.

“Masih banyak yang kurang mengerti soal fungsi wiper, tapi paling utama wiper sangat membantu dalam memaksimalkan visibilitas atau pandangan berkendara ketika berkendara di bawah guyuran hujan lebat,” jelas Suparna, Kepala Cabang Auto2000 Cilandak.

“Dengan demikian wiper juga berpengaruh pada keamanan berkendara,” tegasnya.

Agar wiper mampu menjalankan fungsinya secara baik, otomatis pemilik kendaraan harus melakukan pengecekan soal bagaimana kondisinya.

Suparman menjelaskan paling utama adalah dengan melihat permukaan pada karet-karet lengan wiper, pastikan bila tidak ada kerusakan dan dalam kondisi yang baik.

Bila ternyata sudah ada getas atau karet terasa mengeras tak lagi elastis, wajib hukumnya untuk segera melakukan penggantian.

Penting diketahui, saat karet sudah tidak optimal maka akan mempengaruhi kemampuannya dalam menyeka air dari kaca yang imbasnya membuat visual berkendara berkurang.

Menurut Suparman, dalam mengganti karet wiper pemilik mobil memiliki dua pilihan. Pertama hanya dengan mengganti karetnya saja, atau sekaligus dengan wiper blade yang di dalamnya sudah termasuk dengan keret.

Untuk merawat agar karet tidak mudah rusak, Suparman menyarankan pemilik mobil tidak sering memarkirkan mobil di tempat yang panas layaknya di lapangan terbuka.

Selain itu, dengan mengangkat wiper saat terpaksa parkir di bawah terik matahari juga bisa mengurangi panas yang diterima wiper.

“Jangan diremehkan, cek kondisinya sebelum jalan, lakukan pergantian lebih baik bila mamang wiper sudah mengeluarkan tanda-tanda kerusakan,” urai Suparman.

“Untuk perawatan simple saja, kalau sudah ada kotoran pada karet langsung dibersihkan dengan kain,” tutupnya.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close