berita terkiniModaNiaga

Scania Perkenalkan Konsep Bus Masa Depan

Motionupdate.com, JAKARTA – Produsen kendaraan niaga Scania AB memperkenalkan konsep bus masa depan yang diberi nama Scania NXT pada ajang KTT Angkutan Umum Global UITP, Stockholm, Swedia.

Bus otonom ini menggunakan sumber tenaga dari baterai yang bukan hanya bisa mengantarkan penumpang, tapi bisa beroperasi untuk membersihkan jalan dan mengantarkan barang sekaligus.

“NXT merupakan visi masa depan untuk transportasi perkotaan. Beberapa dari teknologi belum sepenuhnya matang tapi bagi kami adalah penting untuk benar-benar memabngun kendaraan konsep secara visual dan secara teknis menunjukkan ide-ide tetang apa yang dapat digapai,” ujar Scania President and CEO Henrik Henriksson seperti dikutip dalam laman resminya.

“NXT dirancang untuk tahun 2030 dan seterusnya sambil menggabungkan beberapa fitur canggih yang sudah tersedia,” jelasnya.

Modul bus sepanjang delapan meter dibangun sebagai satu material komposit, yang secara substansial mengurangi bobot.

Baterai sel silinder ditempatkan di bawah lantai, dengan demikian memanfaatkan ruang kosong selain berkontribusi pada distribusi bobot yang lebih baik.

Dengan bobot kendaraan yang rendah kurang dari delapan ton, kisaran baterai saat ini diperkirakan mampu melahap perjalanan hingga sejauh 245 kilometer.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close