berita terkiniMobilModa

Mudik Naik Mobil Matik? Waspada Kondisi Rem

Motionupdate.com, JAKARTA – Operasional mobil matik dan manual bukan hanya memiliki perbedaan secara pengoperasian, tapi juga dari sisi pengereman.

Seperti diketahui, mobil matik sangat mengandalkan rem untuk mengurangi laju kendaraan, tidak seperti transmisi manual yang masih bisa melakukan engine brake.

Nah, karena itu penting bagi pemiliki mobil matik untuk selalu mengecek sistem pengereman, seperti minyak rem dan paling utama adalah kondisi kampas remnya.

Suparna, Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak, mengingatkan persentase mobil matik mengandalkan rem untuk memperlambat kendaraan sangat besar dibanding mobil manual.

Kondisi tersebut membuat kampas rem menjadi perhatian utama bagi pemilik mobil karena lebih cepat habis dibandingkan mobil bertransmisi manual.

“Kampas rem sebenarnya penting di mobil manual atau matik, tapi memang khusus mobil matik harus ada perhatian lebih,” jelas Suparna.

“Alasannya karena umum pakai kampas rem cenderung lebih pendek dibandingkan manual, jadi sifatnya lebih cepat habis karena lebih sering digunakan,” tegasnya.

Suparna mengingatkan pemilik mobil matik, khusus Toyota untuk tidak meremehkan kondisi kampas rem saat ingin menempuh perjalanan jauh.

Baiknya dilakukan pengecekan khusus termasuk sektor kaki-kaki sekaligus untuk memastikan kondisinya benar-benar layak jalan.

Selain berbahaya, menurut Suparman habisnya kampas rem juga bisa menimbulkan keruskaan pada komponen lain. Contohnya bisa merusak disc rotor.

Bahkan kalau sudah benar-benar habis akan membuat kerusakan lebih fatal akibat terjadinya gesekan antar metal yang mengikis piringan cakram atau tromol.

“Mobil matik punya kemampuan engine brake tapi skalanya lebih kecil, jadi beban sistem rem lebih besar dibandingkan mobil manual,” ulas Suparna lagi.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close