berita terkiniModaPesawat

Jumlah Penumpang Pesawat Terbang Mulai Mengalami Peningkatan

Motionupdate.com, CENGKARENG – Jelang Lebaran, jumlah penumpang pesawat di Bandara Internasional Soekarno Hatta (Soetta) sudah mulai terlihat mengalami peningkatan.

“Menjelang hari raya Idul Fitri tahun 2019 ini, telah terjadi peningkatan penumpang sekitar 2 sampai 3 persen. Untuk itu saya minta petugas di Bandara untuk ekstra kerja keras dan hati-hati agar kegiatan mudik di bandara ini berjalan lancar,” jelas Menhub.

Dengan peningkatan jumlah penumpang tersebut, Menhub menjelaskan terjadi pula peningkatan jumlah penerbangan di Bandara Soetta.

“Trend yang ada dari beberapa hari ini terjadi peningkatan yang semula itu 1300 take off – landing akan menjadi 1470 take off – landing perharinya,” ungkap Menhub.

Menhub menjelaskan, nuansa mudik sudah dapat terlihat dari persentase keterisian jumlah penumpang pesawat dari Jakarta menuju beberapa daerah yang sudah mencapai hampir 100 persen. Sementara sebaliknya, tingkat keterisian penumpang pesawat dari daerah menuju Jakarta berkisar di angka 60 persen.

“Kekurangan persentase penumpang yang menuju Jakarta tersebut bisa menjadi suatu potensi yang bisa digunakan oleh masyarakat untuk melakukan kegiatan wisata di Jakarta Misalnya. Jadi saya menganjurkan kepada maskapai apakah memberikan tarif khusus atau suatu tiket promosi, sehingga kita harapkan maskapai bisa tetap produktif,” tambah Menhub.

Dalam tinjauannya ke Bandara Soetta, Menhub juga melihat pelaksanaan rampcheck yang dilakukan oleh tim Ditjen Perhubungan Udara terhadap pesawat-pesawat yang dilakukan secara acak (random).

“Rampcheck ini dilakukan secara random, mudik kali ini kita lakukan keseluruhan rampcheck, Alhamdulillah semua pesawat laik untuk terbang. Namun demikian saya mengimbau kepada maskapai dan kepada operator bandara untuk melakukan segala SOP yang ditetapkan oleh Otoritas Bandara dengan baik,” kata Menhub

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close