berita terkiniKeretaModa

Mejelang Hari Raya Idul Fitri, 4.000 Personil KAI Kawal Pemudik

Motionupdate.com, JAKARTA – Menjelang Hari Raya Idul Fitri segenap insan PT KAI termasuk Daop 1 Jakarta telah menyiapkan berbagai hal, mulai dari ketersediaan tiket, segi keamanan, pelayanan di atas kereta maupun area stasiun, hingga kesiapan sarana dan prasarana untuk menghadapi arus mudik dan arus balik para pengguna jasa KA yang berlangsung selama 22 hari, mulai 26 Mei – 16 Juni 2019.

Pada masa Angkutan Lebaran 2019, Daop 1 Jakarta mengoperasikan 58 KA Reguler (32 KA dari Stasiun Gambir dan 26 KA dari Stasiun Pasar Senen) dan 20 KA Tambahan (12 KA dari Stasiun Gambir dan 8 KA Dari Stasiun Pasar Senen) per hari.

Dengan total 78 KA per hari yang dioperasikan Daop 1 Jakarta pada masa Angkutan Lebaran 2019 maka secara keseluruhan terdapat ketersediaan tempat duduk sekitar 957.282 untuk dapat mengakomodir kebutuhan pengguna jasa pada masa arus mudik berlangsung selama 22 hari.

Selain mengutamakan keselamatan perjalanan KA, sisi kenyamanan dan keamanan juga menjadi prioritas PT KAI bagi pengguna setia KA. Itu sebabnya, PT KAI Daop 1 Jakarta tak tanggung-tanggung dalam menurunkan pegawai saat angkutan lebaran ini.

“Total terdapat sekitar 2.437 pegawai PT KAI yang diturunkan untuk menjalani posko Angleb 2018, yang terbagi dari 106 pegawai setingkat EVP, Deputy, Senior Manager, Junior Manager dan Quality Control, 202 staf kantor, 336 dari Kantor Pusat/Anak perusahaan, dan 1.793 pegawai bagian operasional organik, jumlah tersebut hanya pegawai manajemen dan operasional belum termasuk petugas pengamanan serta petugas tambahan yang secara keseluruhan jumlahnya dapat mencapai sekitar empat ribu petugas” jelas Dadan Rudiansyah selaku Executive Vice President Daop 1 Jakarta.

Dari sisi sarana, sebanyak 326 kereta siap dioperasikan setiap harinya, dengan perincian sebagai berikut; 27 Kereta Pembangkit, 203 Kereta Penumpang, 66 Kereta Bagasi, 13 Kereta Wisata, 17 Kereta Makan. Sedangkan untuk lokomotif disiapkan 44 lokomotif, yang berasal dari Depo Jatinegara sebanyak 41 dan 3 lokomotif dari Depo Tanah Abang.

“Bagasi yang dianggap pantas dibawa ke dalam kereta adalah barang-barang dengan berat dan volume dianggap masih dapat dibawa ke dalam kereta, disimpan di rak bagasi atas, di ruang tempat duduk penumpang, dibagian ujung kereta atau tempat lainnya yang tidak mengganggu kenyamanan dan keamanan penumpang, serta tidak berpotensi membahayakan atau menimbulkan kerusakan pada kereta dan saat naik-turunnya bagasi tidak menimbulkan kelambatan KA,” tambah Dadan.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close