berita terkiniModaPesawat

Pembangunan Terminal 4 Bandara Soetta Libatkan Arsitek Internasional

Motionupdate.com, JAKARTA – Proses pembangunan Terminal 4 Bandara Soekarno Hatta sudah memasuki tahap perencanaan yaitu desain terminal.

Dalam pembangunan Terminal 4 tersebut, PT Angkasa Pura ll (Persero) mengatakan akan melibatkan arsitek internasional. Langkah tersebut dinilai dapat meningkatkan kualitas Terminal 4 dibandingkan dengan terminal-terminal sebelumnya.

“Karena kita menghendaki kualitas yang cukup bagus sehingga kita mengundang juga adanya keterlibatan perencana internasional. Selain transfer of knowledge-nya jalan juga, kualitasnya bisa lebih baik lagi, jelas Direktur Teknis dan Operasi AP II Djoko Murjatmodjo.

Namun, Djoko menegaskan bahwa keterlibatan perencana asing ini tidak sepenuhnya. Karena, pada implementasinya tetap akan bekerja sama dengan perencana atau konsultan dalam negeri untuk perancangan desain Terminal 4 Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

“Nanti benderanya tetap ada dua. Internasional dan konsultan dalam negeri itu kerja sama,” kata Djoko.

Pemenang lelang desain yang sebelumnya direncanakan untuk diumumkan Mei ini diundur menjadi Agustus 2019. Setelah itu, pemenang lelang desain akan mendapatkan kontrak kerja sama selama 18 bulan.

“Di dalam tender ini diperlukan waktu panjang karena konsultan yang ikut tender nanti harus membuat konsep perencanaannya. Jadi nanti terminal itu mau dibuat seperti apa, dia nanti ada yang bikin maket, ada yang grafis dan sebagainya sehingga perlu waktu. Nanti setelah ditetapkan pemenangnya dia akan bekerja selama 1,5 tahun atau 18 bulan,” terang Djoko.

Setelah proses desain, tahap selanjutnya adalah konstruksi. Namun, AP II saat ini masih fokus dalam pembangunan terminal kargo baru. Pasalnya, lokasi Terminal 4 berada di lokasi terminal kargo dan lapangan golf Cengkareng.

Sebagai informasi, Terminal 4 Soetta sendiri ditargetkan rampung pada tahun 2024 yang diproyeksikan memakan biaya sebesar Rp 11 triliun. Luas lahan Terminal 4 sendiri yaitu 120 hektare dengan kapasitas mencapai 45 juta penumpang.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close