berita terkiniKeretaModa

Jepang Tengah Menguji Kereta Tercepat yang Mampu Melesat Hingga 400 Km/Jam

Motionupdate.com, SENDAI – Soal moda transportasi umum, Jepang terus mengembangkan teknologi tercanggih. Kali ini, Negeri Sakura tengah menguji kereta peluru tercepat yang diberi nama Shinkansen versi ALFA-X.

Kereta Shinkansen versi ALFA-X dapat melesat hingga 400 kpj (km/jam). Demikian dalam lansiran CNN Travel, Senin (13/5/2019).

Menurut rencanan, kereta tercepat ini akan beroperasi pada tahun 2030 dan bisa melesat hingga 360 dalam kondisi yang nyaman.

dengan kata lain, Shinkansen mampu melampaui kecepatan kereta Fuxing China yang melaju 10 kpj lebih lambat. Meskipun begitu, tidak bisa dipungkiri kereta ini dirancang dengan kemampuan kecepatan yang sama dengan ALFA-X.

Soal desain, Shinkansen ALFA-X ini memiliki hidung yang meruncing dan punya 10 gerbong yang mengular ke belakang.

Pengujiannya sendiri dilaukan di jalur antara Kota Sendai dan Aomori yang berjarak sekitar 280 km. pengetesannya dilakukan setelah tengah malam ketika rel kereta sepi, selama dua kali seminggu.

Sebelumnya, Jepang sudah melakukan pengujian untuk kereta Shinkansen N700S yang dijadwalkan akan beroperasi pada tahun 2020. Kereta tersebut mampu melesat hingga 300 kpj.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close