berita terkiniModaPesawat

Misteri Hilangnya Nomor 13 dan 17 di Kursi Penumpang Pesawat Terbang, Percaya?

Motionupdate.com, JAKARTA – Sobat Motion! Jika kalian sering berpergian dengan menggunakan pesawat terbang, mungkin tidak menyadari jika tidak ada kursi penumpang dengan nomor 13 atau 17. Salah-satu alasannya cukup berbau tahayul. Percaya?

Biasanya di beberapa maskapai penerbangan secara sengaja menghilangkan kedua nomor tersebut. Setelah nomor 12 langsung lompat ke nomor 14, begitu pula setelah nomor 16 langsung lompat ke nomor 18.

Dari keterangan beberapa sumber, ternyata ada alasan yang cukup nyeleneh kenapa kedua nomor 13 dan 17 dihilangkan dari kursi pesawat.  Di beberapa negara kedua nomor tersbut punya mitos yang membawa sial.

Maskapai seperti Air France, Iberia, Lufthansa, dan Ryanair sengaja menghilangkan kursi kursi baris ke-13. Salah seorang sumber dari Ryanair menyebut, sebenarnya itu bukan keinginan pihak maskapai, melainkan lebih ke tradisi dari pabrikan pembuat pesawat asal Amerika Serikat.

Sementara itu, Lufthansa yang merupakan maskapai terbesar di Jerman, selain tidak punya kursi nomor 13 juga tidak punya kursi nomor 17. Alasannya pun sama, nomor 17 dinilai membawa nasib sial.

“Di beberapa kebudayaan, angka 13 dianggap membawa sial. Itulah mengapa tidak ada kursi baris nomor 13 di Lufthansa. Kami sangat menghargai kepercayaan itu,” tulis pernyataan Lufthansa dalam situs resminya.

Sedangkan nomor 17 dianggap membawa sial karena ketika ditulis dalam angka romawi (XVII), merupakan bentuk anagram dari VIXI yang berarti “Hidupku akan Berakhir” dalam Bahasa latin.

Di beberapa negara seperti Italia dan Brazil, angka sialnya justru bukan 13, melainkan 17. Maka dari itu, sebagai maskapai internasional, Lufthansa akan mempertimbangkan kepercayaan budaya seperti itu.

Nah, Sobat Motion! Kalian termasuk yang percaya tentang mitos seperti gak sih?

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close