berita terkiniEvent

Jenson Button Pecahkan Rekor Lap Time Type R Challenge Australia

Motionupdate.com, MELBOURNE – Honda Australia mencetak sejarah di sirkuit balap Mount Panorama, Bathrust dengan meraih rekor lap time baru untuk mobil berpenggerak roda depan (FWD) di trek ikonik tersebut.

Dengan dikendarai Jenson Button sebagai juara dunia Formula One 2009, juara Super GT Series 2018 sekaligus sebagai brand ambassador Honda, Civic Type R yang memiliki spesifikasi standar pabrikan berhasil mencetak waktu 2 menit 35,207 detik (2:35,207) di salah satu trek terbaik di Australia.

Sebelumnya, Jenson Button telah memegang rekor lap time di Sirkuit Mount Panorama dengan catatan waktu 1:48,8 menit menggunakan mobil F1 di ajang Australia Grand Prix tahun 2011 lalu. Kini ia kembali dipilih sebagai pembalap yang memecahkan rekor lap time Civic Type R di tempat yang sama.

Ajang time attack di Bathrust terinspirasi dari kompetisi “Type R Challenge 2018”, dimana tim Honda yang terdiri dari lima pembalap masing-masing memecahkan rekor lap timemenggunakan Honda Civic Type R berspesifikasi standar pada berbagai trek legendaris Eropa. Rekor tersebut memecahkan rekor kecepatan yang sebelumnya dipegang oleh Civic Type R generasi terdahulu.

“Sirkuit Mount Panorama memiliki keunikan sebagai salah satu sirkuit balap Australia, sehingga menjadi suatu keistimewaan bagi tim Honda Australia untuk mengikuti tantangan time attack di sirkuit ini bersama Civic Type R, terutama dengan Jenson dibalik kemudi,” ujar Stephen Collins, Direktur Honda Australia.

Honda Civic Type R mencatatkan sejarah di kancah otomotif Australia pada tahun 2018 sebagai mobil pertama yang memenangkan dua penghargaan sekaligus, yakni penghargaan Performance Car of the Year dan penghargaan Bang for Your Bucks dari MOTOR Magazine yang diperoleh setelah Civic Type R berhasil mencatat lap time baru di Sirkuit Winton Motor Raceway. “

Catatan waktu 2:35,207 menit yang diperoleh Button dengan Civic Type R diatas sirkuit Mount Panorama dicapai melalui lap sebanyak 14 kali dalam sesi sepanjang satu jam di pagi hari, serta sesi sepanjang 10 menit di sore hari. Dengan mengandalkan pengalaman balapnya selama 17 tahun di 306 ajang balap, Button dapat melibas trek sulit di Bathrust.

 

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close