berita terkiniKeretaModa

Uji Coba LRT Jabodebek Lintas Cibubur-Ciracas Dijadwalkan Juli Mendatang

Motionupdate.com, JAKARTA – PT Adhi Karya (Persero) telah berupaya untuk melakukan uji jalur atau test track Light Rail Transit (LRT) Jakarta -Bogor-Depok-Bekasi (Jabodabek) pada lintas Cibubur-Ciracas yang direncanakan pada Juli 2019.

Hingga saat ini, pihak Adhi Karya sudah menyelesaikan menyelesaikan bentang panjang atau longspan Jakarta Outer Ring Road (JORR) dan Cililitan sehingga jalur Cawang-Cibubur tersambung.

Direktur Operasi II Adhi Karya Pundjung Setya Brata menjelaskan, “Setelah dilakukan uji jalur pada lintas Cibubur-Ciracas, maka uji selanjutnya pada lintas Ciracas-Kampung Rambutan. Juli diharapkan sudah mulai test track dengan kereta.”

Pada Maret lalu, Adhi Karya telah merampungkan tiga longspan di atas lintas LRT. Dua di antaranya berada di Lintas Pelayanan I, yaitu Cawang-Cibubur. Pelayanan I ditargetkan selesai paling awal, dan akan mencoba rangkaian LRT buatan PT Inka (Persero).

Hingga akhir April pembangunannya telah mencapai 81%. Longspan lain yang sudah terpasang berada di Lintas Pelayanan II, yaitu Cawang-Dukuh Atas. Proses pembangunannya telah mencapai 50%.

Perkembangan pembangunan lintas pelayanan Cawang-Bekasi Timur telah mencapai 55.414%. Untuk pekerjaan LRT-nya masih dalam tahap pembangunan struktur dan bentang panjang yang berada di Halim.

Secara rinci, longspan JORR melintas di atas Jalan Toll JORR, Jalan Dukuh, dan Jalan Tol Jagorawi dengan struktur u-box girder. Panjang longspan yaitu 54-90-54 meter yang merupakan longspan u-box girder yang terpanjang di dunia.

Kemudian, longspan Cililitan melintas di atas Jalan Tol Jagorawi dengan panjang 54-90-54 meter dengan struktur box girder. Longspan Cikoko membentang di atas jalur KRL di dekat Stasiun Cawang dan Jalan Cikoko Barat, juga dengan panjang 54-90-54 meter dan struktur box girder.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close