berita terkiniModaPesawat

Harga Tiket Pesawat Mahal, Angkasa Pura I Kehilangan 3,5 Juta Penumpang

Motionupdate.com, JAKARTA – Dampak harga tiket yang mahal ikut dirasakan oleh operator bandara milik negara Angkasa Pura I (Persero). Dimana sebanyak 13 bandara yang mereka kelola mengalami penurunan jumlah pengunjung.

Penurunan tersebut mencapai 3,5 juta pada 3 bulan pertama 2019 atau triwulan satu. Penurunan tersebut berlaku untuk jumlah pengunjung yang berpergian menggunakan pesawat, bukan sekedar yang berkunjung ke bandara.

Diektur Pemasara dan Pelayanan Angkasa Pura I Devi Suradji mengatakan, “Penurunan angka penumpang mencapai 3,5 juta orang pada 3 bulan pertama 2019.”

Secara total, jumlah pengunjung bandara secara keseluruhan adalah 95 juta di tahun 2018. Salah satu penyumbang pengguna pesawat adalah orang-orang yang bekerja di luar kota dan mengandalkan pesawat untuk pulang kampung atau dia sebut lajo. Jika biasanya saat libur pulang ke rumah, ketika tiket mahal tentu mereka akan berpikir ulang.

“Ya harga tiket itu juga mempengaruhi karena salah satu yang paling besar berpindah dari satu tempat ke tempat lain itu bukan orang bisnis tapi keluarga yang lajo. Berapa banyak keluarga-keluarga yang tinggal di Yogyakarta kerjanya di Jakarta atau di Surabaya. Kebayang nggak biasanya weekend pada lajo kan,” paparnya.

Selain harga tiket yang mahal, adanya akses tol yang makin lengkap ikut berpengaruh terhadap berkurangnya pengunjung di bandara. Pasalnya orang memilih menggunakan transportasi darat via tol ketimbang pesawat.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close