berita terkiniKeretaModa

MRT Jakarta Raih Penghargaan K3 Kemnaker RI

Motionupdate.com, JAKARTA – Dalam acara penganugerahan “Penghargaan K3 2019” yang diselenggarakan oleh Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia, PT MRT Jakarta mendapatkan penghargaan K3 2019 di dua kategori, yaitu Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) dan Kecelakaan Nihil.

Menteri Ketenagakerjaan RI, Muhammad Hanif Dakhiri, menyampaikan, “Sebagai salah satu instrumen untuk mendorong agar penerapan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) bisa kita optimalkan. Tanpa bosan-bosan saya mengajak semua pihak baik itu dunia usaha atau perusahaan, serikat pekerja, pemerintah daerah untuk mendorong penerapan K3 di tempat kerja bisa terlaksana dengan baik.”

“K3 sering dianggap sebagai beban. Namun, K3 adalah investasi untuk masa depan yang lebih baik. Sekali lagi, selamat dan sukses bagi perusahaan yang secara konsisten menerapkan zero accident. Saya apresiasi pencapaian ini semoga bisa dijadikan contoh dan teladan bagi perusahaan lain dan tetap dapat dipertahankan,” lanjut ia.

Bagi PT MRT Jakarta, guna memastikan pelaksanaan proyek dan menjalankannya, MRT Jakarta selalu mengedepankan aspek keselamatan kerja dan menggunakan tiga perangkat utama yang diterjemahkan ke dalam sejumlah peraturan mengikat, yaitu pertama, melalui kontrak konstruksi. Kontrak konstruksi MRT Jakarta, yang menggunakan format kontrak FIDIC Yellow dan Silver Book, dalam dengan General Condition of Contract, dengan jelas menyebutkan aspek keselamatkan pada pasal 4.8 tentang prosedur keamanan dan keselamatan kerja, serta pasal 6.7 tentang kesehatan dan keselamatan kerja.

Kedua, melalui struktur dalam project delivery, yaitu kontraktor wajib menerapkan SMK3; HSE Manager, dan Safety officers; konsultan construction management (termasuk pengawasan); dan Project Managers dan Engineers Direktorat Konstruksi PT MRT Jakarta.

Ketiga, melalui implementasi SMK3, dengan komitmen keselamatan dan kesehatan kerja; pemenuhan struktur SMK3 dan ketersediaan personel yang memenuhi persyaratan kompetensi; pelaksanaan proses HIRADC; pelaksanaan inspeksi; dan pelaksanaan safety audit.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close