berita terkiniKeretaModa

Longspan Terpanjang di Dunia, terpasang di JORR LRT Jabodebek

Motionupdate.com, JAKARTA – Pekerjaan struktur Longspan (bentang panjang) di Lintas Pelayanan 1 Cawang- Cibubur, yakni longspan JORR dan longspan Cililitan telah masuk ke dalam tahap longspan closure.

Dengan rampungnya pekerjaan struktur longspan yang terbentang sepanjang 14.89 km, maka proyek LRT Jabodebek pada Lintas Pelayanan 1 dari Cibubur hingga Cawang sudah tersambung. Sementara itu, longspan Cikoko pada Lintas Pelayanan 2 tepatnya Cawang-Kuningan-Dukuh Atas telah tersambung.

Longspan closure (pengecoran terakhir) turut dihadiri oleh Direktur Utama ADHI, Budi Harto dan seluruh jajaran manajemen ADHI secara serentak pada ketiga titik pekerjaan longspan LRT Jabodebek, yaitu JORR, Cililitan dan Cikoko.

Sebagai Informasi, longspan JORR terletak di atas jalan Tol JORR, Jalan Dukuh Atas dan Jalan Tol Jagorawi. Longspan JORR menggunakan struktur U- Box Girder dan memiliki panjang 90 meter. Struktur Longspan JORR berhasil meraih prestasi baru dalam pembangunan jembatan longspan karena menjadi longspan terpanjang di dunia, mengalahkan struktur longspan di Dubai dengan panjang 74 meter.

Selain itu, longspan Cililitan terletak di atas Jalan Tol Jagorawi dengan panjang 54-90-54 meter dan menggunakan struktur Box-Girder. Lalu, pada longspan Cikoko yang membentang di atas KRL di dekat Stasiun Cawang dan Jalan Cikoko Barat memiliki panjang 54-90-54 meter dengan struktur Box-Girder.

Saat ini, kemajuan pekerjaan pembangunan LRT Jabodebek tahap 1 per 22 Maret 2019 telah mencapai 59.64%. Untuk kemajuan pekerjaan pada Lintas Pelayanan 1 Cawang-Cibubur mencapai 79.69%. Lalu, kemajuan pekerjaan pada Lintas Pelayanan 2 Cawang- Kuningan-Dukuh Atas mencapai  47.95%. Kemudian pada Lintas Pelayanan 3 Cawang- Bekasi Timur mencapai 53.845%.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close