berita terkiniKeretaModa

Anies Baswedan Meresmikan Penamaan Stasiun ASEAN

Motionupdate.com, JAKARTA – Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan, meresmikan penamaan Stasiun ASEAN dengan menandatangani plakat nama stasiun yang disaksikan oleh Sekretaris Jenderal ASEAN, Dato Lim Jock Hoi, Wakil Menteri Luar Negeri RI, Abdurrahman Mochammad Fachir.

Gubernur Anis menyampaikan, “Hari ini, kita meresmikan penamaan stasiun di lokasi ini dengan nama Stasiun ASEAN. Jakarta bukan hanya ibu kota Indonesia, namun juga ibu kota ASEAN. Kita ingin agar semua masyarakat Jakarta memiliki kesadaran bahwa kita ini adalah ibu kota ASEAN.”

“Begitu banyak pertemuan-pertemuan kerja sama Asia Tenggara yang juga berpotensi diselenggarakan di Jakarta. Kita berharap melalui penamaan ini menguatkan komitmen Indonesia untuk berperan di level regional dan menguatkan komitmen masyarakat Jakarta menjadi tuan rumah yang baik bagi masyarakat ASEAN,” lanjut ia.

Sementara itu, Wakil Menteri Luar Negeri RI, Abdurrahman Mochammad Fachir sangat berterima kasih kepada Pemerintah Provinsi atas penamaan stasiun ini sebagai Stasiun ASEAN karena untuk menampilkan profil Jakarta sebagai ibu kota ASEAN.

“Selain citra, kita juga akan mendapatkan nilai ekonomi bagi Jakarta dengan banyaknya pertemuan yang dilakukan di Jakarta. Kita juga senang dengan adanya MRT ini dan membayangkan delegasi ASEAN di Jakarta akan menggunakan MRT menuju pertemuan-pertemuan di Sekretariat ASEAN,” lanjut ia.

Stasiun ASEAN terletak di depan Gedung Sekretariat ASEAN. Gedung tersebut menjadi inspirasi desain dan tema stasiun layang terakhir di fase I ini dengan unsur warna coklat alam dan gradasi abu-abu. Fasad stasiun memakai elemen garis-garis horizontal yang melambangkan pergerakan dalam gaya modern sederhana. Aksen kayu digunakan secara berulang untuk menitikberatkan identitas stasiun.

Stasiun ini adalah stasiun layang terakhir sebelum masuk ke area bawah tanah. Direncanakan di masa depan, akan dibangun infrastruktur penghubung yang akan mengintegrasikan Stasiun ASEAN dengan Halte BRT Transjakarta CSW yang melayani koridor 13.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close