berita terkiniModaPesawat

Kemenhub Siap Kelola Bandara Atung Bungsu Pagar Alam

Motionupdate.com, JAKARTA – Pemerintah Daerah baik Pemprov Sumatera Selatan dan Pemkot Pagar Alam menyerahkan pengelolaan Bandara Atung Bungsu Pagar Alam kepada Kementerian Perhubungan.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, “Permintaannya Pak Walikota, bagaimana kalau Bandara Atung Bungsu ini bisa diserah terimakan oleh Pemda kepada Pemerintah Pusat. Saya mengapresiasi bahwa tanahnya sudah disiapkan, keinginan untuk menyerahkan juga ada, Insya Allah akan kita proses karena akan kita terima dan akan kita kembangkan bandara ini.”

Dengan pengalihan pengelolaan ini, rencananya akan dilakukan perpanjangan runway yang semula memiliki panjang 1.340 m menjadi 1.600 m agar dapat dilandasi oleh pesawat yang lebih besar.

“Kami akan coba mengembangkan bandara ini dengan memperpanjang landasan menjadi paling tidak 1.600 m dan juga merenovasi terminal. Agar turis kalau datang ke Pagar Alam itu tidak ragu-ragu,” ungkap Menhub.

Setelah ini akan dilakukan tahap administrasi untuk kemudian dilakukan serah terima. Proses administrasi ini akan memakan waktu kurang lebih 3-4 bulan, kemudian dilanjutkan dengan pembangunan runway pada tahun 2020 dan proses renovasi terminal pada tahun 2021.

“Proses administrasi sampai ke serah terima itu butuh 3-4 bulan. Target pertama serah terima dulu kemudian tahun 2020 mulai kita perpanjang runway. Setelah itu 2021 terminalnya kita bangun,” tutur Menhub Budi.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close