berita terkiniModaNiaga

Bus Listrik Terpanjang di Dunia ini Beroperasi di Kolombia

Motionupdate.com, JAKARTA – BYD memperkenalkan bus listrik terpanjang di dunia yang diberi nama K12A. Kendaraan niaga sepanjang 27 meter tersebut akan digunakan oleh TransMileno di Kolombia.

Bus listrik K12A dapat menampung sebanyak 250 penumpang dan dibekali mesin listrik yang mampu membuat bus tersebut melaju dalam kecepatan 70 km/jam.

KA12A diklaim kompatibel untuk penggunaan pada sistem BRT (bus rapid transit). Bukan hanya itu, bus listrik terpanjang ini juga menggunakan bahan material alumunium untuk bagian bodinya. Meskipun ringan, bahan tersebut memberikan kekuatan struktur yang mempuni.

Senior Vice President BYD, Stella Li megatakan, “BYD kembali menggunakan teknologi ini, produk reliable dan solusi inovatif yang mampu menyelesaikan dua masalah urban, kemacetan dan polusi. K12A membawa sistem BRT lebih ramah lingkungan, sekaligus mengizinkan penumpang menikmati kesenyapan, perjalanan bebas polusi dan secara bersamaan pengurangan biaya perawatan signifikan bagi operator.”

Menariknya, bus ini merupakan yang pertama menggunakan penggerak 4WD. Sistem juga bisa diubah menjadi 2WD dengan hanya menggunakan tombol. Model konfigurasi itu, bertujuan memaksimalkan efisiensi penggunaan energi.

Soalnya, dengan beragam kondisi jalan, bus tak selalu membutuhkan penggerak 4WD yang memerlukan banyak tenaga. Klaim BYD, K12A dapat menempuh perjalanan sejauh 300 km dari posisi baterai penuh hingga habis.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close