berita terkiniEvent

Jaga Kebersihan Stasiun dan Kereta, MRT Jakarta Kampanyekan Tiga Hal ini

Motionupdate.com, JAKARTA – Berlangsung di area beranda peron (councourse) Stasiun Dukuh Atas, MRT Jakarta menyelenggarakan acara “B’SMART, Bincang Santai Sama Marti” dengan topik “MRT Zero Waste”.

Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan PT MRT Jakarta, Muhamad Kamaluddin menyampaikan upaya MRT Jakarta untuk mendukung pengurangan penggunaan produk yang dapat menghasilkan lebih banyak sampah di Jakarta.

“MRT Jakarta adalah yang pertama Jakarta atau di Indonesia pada umumnya. Ini adalah jenis transportasi yang sangat sensitif sehingga kami mendorong pengurangan produk yang dapat menambah sampah. Warga DKI Jakarta menghasilkan sampah sebanyak 7.400 ton setiap hari,” ucap ia.

“MRT Jakarta juga mulai mengampanyekan Tahan-Simpan-Pungut, yaitu imbauan kepada masyarakat agar menahan diri untuk tidak membawa barang yang berpotensi menjadi sampah ke dalam stasiun dan kereta MRT. Simpan berarti bila penumpang sudah membawa bungkus makanan atau minuman, harus disimpan dulu, entah di tas atau di saku, dibawa dulu,” tambah Kamal.

Kamal juga menyampaikan bahwa MRT Jakarta bekerja sama dengan sejumlah pesohor atau influencer untuk mengampanyekan imbauan agar penumpang tidak buang sampah sembarangan. “Stasiun MRT adalah ruang lebur atau melting potuntuk kegiatan beragam komunitas. Salah satunya adalah aksi pungut sampah oleh salah satu sekolah dan komunitas ibu-ibu yang secara sukarela memungut sampah di sekitar Stasiun Bundaran HI karena tidak rela kalau MRT itu kotor,” jelasnya.

Saat ini, di beberapa stasiun MRT Jakarta seperti di Stasiun Dukuh Atas, Stasiun Blok M, dan Stasiun Lebak Bulus, juga telah disiapkan fasilitas air langsung minum atau drinking fountain yang dapat ditemukan di area pintu masuk (entrance) agar masyarakat bisa mengisi botol minum yang diharapkan dapat selalu dibawa sehingga mengurangi penggunaan botol plastik baru setiap akan minum.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close