berita terkiniMobilModa

Tips Mengendarai Mobil Saat Hujan, Jangan Nyalakan Lampu Hazard!

Motionupdate.com, JAKARTA – Sobat Motion, mengendarai mobil saat cuaca cerah atau kering berbeda ketika saat hujan. Bukan hanya kondisi jalan menjadi licin, pengemudi juga harus konsentrasi ekstra.

Agar tetap aman dan selamat sampai tujuan, berikut adalah beberapa cara mengemudi saat keadaan hujan:

  1. Nyalakan Lampu Utama, bukan Lampu Hazard

Ketika Anda tiba-tiba terjebak hujan deras saat berkendara di jalan, sebaiknya langsung nyalakan lampu utama mobil. Ingat, jangan nyalakan lampu hazard pada waktu berkendara saat hujan deras. Kecuali mobil Anda memang sedang berhenti di bahu jalan.

2.Jangan Pacu Mobil Dengan Kecepatan Tinggi

Hati-hati mengemudi mobil saat hujan, sebab jalan berubah menjadi licin. Jalan aspal yang basah dapat menyebabkan ban kehilangan traksi dan kendaraan menjadi lebih sulit dikendalikan. Supaya terhindar dari kejadian tersebut sebaiknya kurangi kecepatan mobil dan mengemudilah secara pelan-pelan. Disarankan untuk memacu kendaraan sesuai batas minimum, misal di jalan tol berarti melaju di kecepatan 60 km/jam.

  1. Jaga Jarak Aman

Ketika hujan turun, secara otomatis jarak pandang berkurang. Supaya terhindar dari kecelakaan, sebaiknya jaga jarak mobil Anda dengan kendaraan lain di depan.

  1. Jangan Mengerem Saat Melibas Genangan Air

Biasanya bila turun hujan beberapa titik jalan akan langsung tergenang air. Jika ada genangan air di jalan sebaiknya dihindari. Tetapi apabila terpaksa harus melintasinya, pastikan kendaraan yang dikemudikan tidak dalam kecepatan tinggi.

Melewati genangan air dengan kecepatan tinggi berpotensi terjadinya aquaplaning atau hydroplaning. Bila sudah seperti itu dapat menyebabkan roda mobil mengambang dan kehilangan traksi. Bila ini terjadi maka jika mobil direm atau setir dibelokkan akan membahayakan Anda karena kondisi ban yang tidak menapak ke aspal sehingga kinerja rem kurang efektif untuk menghentikan laju kendaraan.

  1. Jangan Gunakan Cruise Control

Tidak disarankan untuk mengaktifkan cruise control. Sebab jika itu dilakukan bisa membuat mobil Anda berakselerasi ketika hydroplaning dan bisa berakibat mobil tergelincir.

  1. Selalu Periksa Kondisi Wiper

Anda mungkin tidak pernah tahu kapan hujan akan turun terutama saat sedang berkendara. Jika tiba-tiba hujan turun dengan lebat maka kinerja wiper sangatlah penting untuk menyapu guyuran air di kaca depan.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close