berita terkiniEvent

Percepat Pemulihan, AISI dan Kemenperin Bekali Masyarakat Palu Keterampilan Teknik dan Wirausaha

Motionupdate.com, PALU – Demi mempercepat pemulihan ekonomi pasca gempa dan tsunami yang menimpa wilayah Sulawesi Tengah, Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI) bersama Kementerian Perindustrian (Kemenperin) memberikan pelatihan keterampilan Teknik otomotif dan wirausaha kepada masyarakat.

Gempa berkekuatan 7,7 SR yang diikuti tsunami dan likuifaksidi wilayah Sulawesi Tengah pada 28 September 2018 telah merusak banyak sarana fisik dan perekonomian masyarakat di wilayah ini. Perlahan namun pasti dengan dukungan pemerintah dan berbagai pihak, kehidupan masyarakat mulai pulih. Perbaikan  infrastruktur mulai dilakukan.

AISI bersama Kemenperin berupaya mempercepat kebangkitan ekonomi masyarakat dengan membekali keterampilan teknik sepeda motor dan pengetahuan wirausaha kepada elemen masyarakat di wilayah ini.

“Kami ingin masyarakat Sulawesi Tengah segera bangkit dan ekonomi di wilayah ini segera pulih. Karenanya bersama Kemenperin kami berinisiatif memberikan masyarakat bekal keterampilan agar mereka bisa dapat kembali bergerak produktif terutama di bidang otomotif,” ujar Sekjen AISI Hari Budianto.

Pelatihan keterampilan ini diberikan kepada elemen masyarakat yang terdiri dari unsur pemuda, guru Sekolah Menengah Keguruan (SMK), dan bengkel umum yang terdampak gempa. AISI bersama Kemenperin melaksanakan kegiatan ini sebanyak 5 batch yang yang diikuti 500 peserta berasal dari Kabupaten Sigi, Kabupaten Donggala, Kota Palu. Setelah mengikuti pelatihan dan praktik, keteampilan mereka diuji sebelum akhirnya mendapatkan sertifikat kompetensi.

Peserta kategori pemuda alumni SMK mendapatkan bekal materi berupa pelatihan teknik dasar dan lanjutan, service tips,  teknologi sepeda motor dan manajemen perbengkelan dan kewirausahaan. Peserta dari bengkel umum diberikan materi teknologi terkini sepeda motor, administrasi keuangan, dan akses permodalan. Sementara itu, para guru SMK mendapat materi teknologi terbaru di industri sepeda motor yang diharapkan dapat disampaikan ke siswanya di sekolah. Kemenperin juga memberikan bantuan peralatan perbengkelan berupa toolsbox dan kompresor.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close