berita terkiniModaNiaga

Soal Bus Listrik untuk Transjakarta, Anies Baswedan Sudah Beri Lampu Hijau

Motionupdate.com, JAKARTA – Demi membuat moda transportasi ramh lingkungan, Transjakarta akan segera menggunakan bus listrik untuk armadanya di masa depan.

Pada Rapim bulan Januari 2019, Gubernur DKI Jakarta telah memerintahkan untuk maju mengkaji bus listrik dan menyiapkan uji cobanya pada tahun ini. Dan guna membangun kesadaran masyrakat akan bus yang ramah lingkungan, pada Busworld South East Asia ini, Transjakarta menghadirkan dua contoh bus listrik.

“Yang satu dari BYD, yang sudah teruji di 50 negara dan salah satunya di kota Shenzhen yang sudah 100% menggunakan bus listrik sebanyak 16.000 unit. Satunya lagi dari MAB, hasil kreasi inovasi anak bangsa yang harus terus dikembangkan dan diperkuat untuk membangun kapasitas nasional,” kata Direktur Utama Transjakarta, Agung Wicaksono.

Selain itu, untuk mempersiapkan uji coba, Transjakarta menandatangani MoU dengan tiga perusahaan, yakni BYD, MAB dan RAC-Danfoss, serta satu lembaga pendidikan, Institut Teknologi Bandung (ITB), yang akan menyiapkan bus listrik untuk diujicoba.

Ke depannya, TransJakarta terbuka untuk penyedia lain yang ingin melakukan ujicoba selama memenuhi syarat sesuai dengan standar operasional TransJakarta, bekerja sama dengan operator yg mengoperasikan, dan memiliki kesiapan kerjasama dengan APM untuk penyiapan infrastruktur dan pemeliharaan bus listrik tersebut.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close