berita terkiniKeretaModa

Jajal MRT Jakarta, Inilah Harapan Menteri Keuangan Indonesia

Motionupdate.com, JAKARTA – PT MRT Jakarta menerima kunjungan Menteri Keuangan Republik Indonesia, Sri Mulyani, yang datang bersama Wakil Menteri Keuangan RI, Mardiasmo, dan rombongan, pada Rabu (6-3-2019) lalu.

Menteri Sri Mulyani tiba di Stasiun Bundaran Hotel Indonesia meninjau stasiun terakhir di fase I MRT Jakarta tersebut. Di area beranda peron (concourse), ia menyempatkan diri untuk berbincang-bincang dengan salah satu manajer stasiun yang sedang bertugas. Begitu juga ketika tiba di area peron, ia juga berkesempatan untuk berbincang-bincang dengan salah satu staf stasiun.

“Tadi kita merasakan nikmatnya pengalaman pertama naik kereta MRT Jakarta dari Bundaran Hotel Indonesia menuju Lebak Bulus sepanjang 16 kilometer yang ditempuh selama 30 menit. Kami senang sekali,” ujar Sri Mulyani.

“Investasi MRT Jakarta fase I ini dibiayai oleh 49 persen Pemerintah Pusat dan 51 persen Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Biaya sebesar Rp16 triliun tersebut tidak akan kembali dari pendapatan tiket semata karena yang terjadi adalah 13 stasiun akan meningkatkan nilai ekonomi dan nilai properti di sekitarnya. Perusahaan swasta bahkan ada yang menyewa stasiun agar ditambahkan nama perusahaannya. Ini berarti ada penerimaan lagi dari hak penamaan,” lanjut ia.

Sri Mulyani menambahkan, “Baik dari sisi propertinya maupun dari sisi waktu tempuh sekitar 130 ribu orang yang nantinya akan menggunakan fasilitas ini, yang tidak terkena macet, yang tidak menghabiskan bahan bakar kendaraan bermotor mereka, karena juga nanti pasti memberikan penghematan pengeluaran dan perbaikan lingkungan.”

“Entah itu dari sisi tiket maupun integrasi koridor utara-selatan-timur-barat sehingga masyarakat semakin nyaman dan efisien dalam waktu tempuh dengan kendaraan umum baik itu kereta maupun bus,” pungkasnya.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close