berita terkiniKeretaModa

Jelang Beroperasi, MRT Jakarta Gelar Simulasi Kebakaran

Motionupdate.com, JAKARTA – Menjelang beroperasinya, MRT Jakarta menggelar simulasi kebakaran di Stasiun Dukuh Atas untuk memastikan sistem keamanan berfungsi dengan baik jika sesuatu hal yang buruk terjadi.

Direktur Operasi dan Perawatan PT MRT Jakarta, Muhammad Effendi mengatakan,  “Sejak 27 Februari lalu, tim kami menguji prosedur standar (SOP) penanggulangan situasi kedaruratan, termasuk menguji seberapa siap tim MRT Jakarta dalam mengevakuasi penumpang. Kami sudah membuat berbagai SOP seperti penanggulangan banjir, kebakaran, kereta anjlok, bom, pintu tepi peron (PSD) rusak, dan benda mencurigakan.”

“Simulasi juga termasuk mengamankan perjalanan kereta dan jalurnya. Kami juga melibatkan pihak luar seperti masyarakat dan karyawan perkantoran sekitar stasiun, komunitas untuk ikut dalam simulasi ini. Ini adalah hari ke-8 simulasi kedaruratan sejak 27 Februari lalu. Keselamatan dan kemanan penumpang adalah prioritas kami sehingga tim dan sistem kami harus benar-benar mampu dan memahami bagaimana bertindak dalam kondisi darurat,” lanjut Effendi.

Effendi juga menilai bahwa koordinasi dengan pihak pemadam kebakaran dan kepolisian sudah baik.

“Satu menit setelah laporan petugas keamanan ke kepala stasiun, petugas di OCC langsung menghubungi pemadam kebakaran. Setelah proses evakuasi berakhir dan api telah dipadamkan, tim perawatan (maintenance) masuk untuk mengecek peralatan dan kondisi stasiun. Setelah dinyatakan aman, manajer stasiun lalu melaporkan ke OCC dan perjalanan kereta kembali normal,” pungkasnya.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close