berita terkiniEventMotor

Indonesia Harus Bayar ‘Segini’ untuk Jadi Tuan Rumah MotoGP 2021

Motionupdate.com, JAKARTA – Kabar yang sangat menggembirakan belum lama terdengar di dunia otomotif Tanah Air. Akhirnya Indonesia bakal jadi satu di antara negara tuan rumah MotoGP mulai 2021.

Rencananya, balapan MotoGP di Indonesia digelar di Sirkuit Mandalika, Lombok. Pembangunan sirkuit diharapkan bisa dimulai September atau Oktober tahun 2019 ini.

“Persiapan terdekat, pembangunan, homologasi dulu. Jadi Race Track ini harus disahkan FIM (Federasi Balap Motor Dunia). Itu akan kami lakukan dalam waktu dekat,” tutur Abdulbar M Mansoer, CEO ITDC (Perusahaan Pengembangan Turisme Indonesia), dalam jumpa pers di Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Jakarta, Senin (25/2/2019).

Lanjut Abdulbar, setelah itu pihaknya akan melakukan konstruksi, pelelangan dan lain-lain. “Target kami sih sudah mulai jalan bulan September – Oktober ini, aspal untuk Street Race,” imbuhnya.

Tak sampai di situ, ternyata ada biaya cukup besar yang harus dikeluarkan pemerintah Indonesia untuk menggelar kejuaraan balap MotoGP.

Seperti dikatakan Abdulbar, untuk menjadi tuan rumah MotoGP, Indonesia harus membayar sebesar sembilan juta euro atau sekitar Rp143 miliar per tahun kepada Dorna.

“Tapi menurut Dorna, jumlah itu sudah mencakup biaya penyelenggaraan, transportasi, dan administrasi pembalap. Termasuk lisensi, hak cipta. Jadi, kita tahunya beres. Mereka akan mendatangkan tim, semuanya dari situ,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Abdulbar mengakui, biaya itu belum dibayar saat ini. Namun, ia memastikan pihak Indonesia akan bisa memenuhi kewajiban yang diminta Dorna tersebut.

“Itu belum dibayar, nanti sebelum pelaksanaan MotoGP. Karena ada beberapa hal yang harus kita capai. Yang penting, kita punya biaya. Pak Menteri Pariwisata mau masuk 1 juta euro. Saya harap nanti ada lagi yang mau bantu kita,” ucap Abdulbar.

Seperti diketahui, Dorna selaku pemilik MotoGP telah mengizinkan Indonesia menjadi tuan rumah MotoGP pada musim 2021. Dalam kontrak, Indonesia diizinkan untuk menyelenggarakan MotoGP selama lima musim.

ITDC lalu menggandeng perusahaan konstruksi asal Prancis, Vinci Corporation, untuk membangun Sirkuit Mandalika. Kerja sama antara Vinci dan PT ITDC bernilai 1 miliar dollar AS selama 15 tahun.

“Vinci berkomitmen, yang besar 1 miliar dollar AS. Nanti mereka akan melihat mana yang didahulukan. Yang sekarang kan MotoGP. Jadi mereka komitmen 1 miliar dollar AS untuk 15 tahun,” kata Abdulbar.

Foto : Istimewa

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close