berita terkiniModaMotor

Cara Ampuh Merawat Motor Bekas Agar Tetap Awet

Motionupdate.com, JAKARTA – Faktor harga yang lebih murah membuat konsumen lebih memilih motor bekas yang sesuai dengan kriteria yang diinginkan. Tapi perlu diketahui setiap membeli motor bekas,  Anda harus menyiapkan budget khusus untuk melakukan perawatan rutin.

Setiap membeli motor bekas Anda harus sangat teliti menecek kondisi motor untuk mendapatkan motor bekas dengan kualitas yang baik. Jika tidak, Anda akan mendapatkan motor bekas yang kondisinya bisa dibilang buruk.

Seperti motor baru, motor bekas pun perlu mendapatkan perawatan rutin agar performa mesin tetap baik. Nah, Bagaimana cara merawat motor bekas?

Berikut adalah beberapa tips merawat motor bekas:

  1. Rutin Memeriksa Kabel Koil dan Busi

Kabel koil adalah koabel yang menghubungkan arus listrik ke busi. Kabel koil harus segera diganti jika kondisinya sudah rusak. seperti adanya pengerasan pada kabel, sudah retak, atau sudah aus. Ini sangat penting untuk anda lakukan. Selain itu, kondisi busi juga harus tetap bagus. Busi sangat berperan penting dalam kelancaran mesin motor anda.

  1. Rutin Memerikasa Kondisi Kelistrikan

Cara mudah memeriksa kelistrikan motor bekas adalah dengan cara menyalakan lampu depan, lampu belakang, klakson, lampu sein, double starter, dan lain-lain. Jika semuanya berfungsi maka kelistrikannya normal.

  1. Periksalah Kondisi Aki/Accu

Aki adalah komponen utama dalam motor. Accu adalah sumber listrik pada motor, dan harus selalu dalam kondisi oke. Perawatan aki bisa anda lakukan setiap hari melihat air aki (jika aki basah). Jangan sampai aki melewati batas minimum dan maksimum. Dan jika baterai atau accu tersebut sudah melemah maka secepatnya diganti.

  1. Periksa Kondisi Oli Mesin

Oli mesin berguna untuk melumasi komponen-komponen motor, seperti stang klep, stang seher, saher, ring seher, kruk as, dan noken as. Jika kondisi oli sudah terlihat pekat dan menghitam, segera ganti oli anda dengan yang baru.

  1. Rutin membersihkan karburator/karburasi motor

Karburasi sangat berhubungan dengan kenyamanan motor anda. Karburasi yang kotor biasanya ditandai dengan suara mesin yang kasar dan tidak halus. Untuk itu bersihkan karburasi secara rutin setiap sebulan sekali.

  1. Rutin memeriksa selang bensin motor

Selang bensin pada motor harus selalu dalam keadaan baik. Ciri-ciri selang bensin yang rusak/wajib ganti adalah terdapat retakan-retakan atau pengerasan pada selang. Jika selang sudah retak, maka bagian-bagian kecil dari selang akan terbawa masuk ke karburator. Hasilnya, suplai bensin akan terhambat dan mengganggu sistem pembakaran.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close