berita terkiniUlasan

Bagasi Pesawat Berbayar, Pengguna Taksi Makin Sepi

Motionupdate.com, BATAM – Supir taksi bandara merupakan satu di antara pihak yang juga terdampak, dengan adanya kebijakan bagasi berbayar dan kenaikan harga tiket pesawat belakangan ini.

Turunnya jumlah penumpang pesawat yang biasanya dalam sehari bisa mencapai 7.000 orang saat Low Season, kini hanya sekitar 5.000 penumpang saja.

Kondisi itu merupakan dampak pemberlakuan bagasi berbayar, serta kenaikan harga tiket pesawat yang melonjak drastis, sejak akhir tahun lalu. Tepatnya menjelang Natal 2018 dan Tahun Baru 2019.

Sebut saja Jhonny, salah satu supir taksi bandara di Batam yang sudah bekerja selama 4 tahun. Ia mengakui jelas adanya pengaruh antara sepinya penumpang bandara terhadap pendapatan hariannya.

“Pengaruhnya lebih karena penerapan bagasi berbayar sih. Kalau masalah tiket pesawat mahal, kan orang kalo butuh naik pesawat, pasti pergi juga,” ujarnya.

Ia menjelaskan, jika biasanya penumpang yang datang sendirian dan membawa banyak barang, umumnya kemudian memilih taksi sebagai alat transportasinya.

Sekarang penumpang cenderung hanya membawa satu ransel, atau koper kecil saja. Dan lebih memilih jasa ojek online yang lebih ekonomis. “Sekarang penumpang pilih bawa ransel dan naik ojek,” sergahnya.

Jhonny berharap agar pemerintah mampu menyelesaikan masalah ini, supaya masyarakat dapat lebih sejahtera hidupnya. “Diselesaikanlah dua hal itu (bagasi berbayar dan harga tiket mahal),” tukasnya.

Ia melanjutkan, kasihan juga penumpangnya. “Kita supir taksi juga kasihan pendapatan turun. Sebelumnya masalah dengan taksi online, meski sudah ada titik tengah. Jangan sampai harus bermasalah pula dengan maskapai pesawat,” katanya.

Foto : Istimewa

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close