berita terkiniKeretaModa

Kim Jong-un Diperkirakan Naik Kereta Api untuk Bertemu Trump

Motionupdate.com, KOREA UTARA – Pemimpin tertinggi Korea Utara (Korut), Kim Jong-un, diperkirakan menggunakan Kereta Api (KA) ke Vietnam, demi menghadiri pertemuan kedua dengan Presiden Donald Trump, di Hanoi, 27-28 Februari 2019.

Dugaan muncul setelah pejabat Vietnam yang terlibat dalam persiapan pertemuan tinggi itu mengatakan, sejumlah pejabat Korut telah meninjau perbatasan Vietnam dengan China, Senin (18/2).

“Sebuah tim dari Korut telah berada di Kota Lang Son, Vietnam, sejak hari Senin. Mereka pergi ke kota itu dari Hanoi mengendarai mobil,” ucap sumber tersebut seperti ditulis AFP.

Sementara itu, stasiun televisi Jepang, Asahi, melaporkan, sejumlah pejabat Korut mengunjungi sebuah stasiun KA di Lang Son. Tim tersebut dikabarkan meninjau kondisi jalan di sekitar area itu.

Lang Son diketahui tak memiliki bandara. Hal itu juga memperkuat spekulasi, Kim Jong-un mungkin akan menempuh perjalanan darat yang cukup panjang dari China menuju Vietnam.

Jika menggunakan KA via Beijing dan Lang Son, perjalanan Pyongyang – Hanoi yang berjarak setidaknya 4.000 kilometer dapat memakan waktu sekitar 60 jam.

Namun, kepada stasiun televisi Korea Selatan, NK News, seorang sumber mengatakan perjalanan KA akan menimbulkan ‘banyak masalah’. Dikhawatirkan rombongan Kim dinilai dapat mengganggu jaringan Kereta Cepat China.

Pilihan lain yang muncul adalah Kim Jong-un bisa saja menggunakan KA dari Pyongyang menuju Beijing dan dilanjutkan perjalanan pesawat dari Beijing ke Hanoi.

Hingga kini, Korut belum juga mengonfirmasi transportasi Kim Jong-un menuju Vietnam secara terbuka. Selain akomodasi, pihak Korut juga terus melakukan persiapan teknis, dan substansial, menjelang pertemuan kedua antara Korut – AS.

Utusan Korut untuk AS, Kim Hyok Chol, dilaporkan sejumlah pihak mulai bertolak ke Hanoi, dalam rangka bertemu utusan AS untuk Korut, Stephen Beigun.

Tiga hari sebelum kedatangan Kim Hyok Chol, Kepala Staf Pemimpin Korut, Kim Chang Son, telah lebih dulu tiba di Hanoi untuk mempersiapkan masalah protokol dan keamanan dengan pihak AS.

Foto : Istimewa

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close