berita terkiniKeretaModa

Kereta Bandara Ditargetkan Beroperasi di Stasiun Manggarai Maret 2019

Motionupdate.com, JAKARTA – Menteri Perhubungan (Menhub) RI, Budi Karya Sumadi mengunjungi sejumlah proyek pembangunan kereta api di Jakarta pada Sabtu (16/2). Pada kunjungan, Menhub meninjau perluasan Stasiun Manggarai yang akan dipersiapkan untuk menjadi stasiun utama yang terintegrasi antarmoda transportasi seperti KRL Commuter Line, Kereta Api Bandara, Kereta Api Jarak Jauh, dan Transjakarta.

“Kita mempersiapkan Stasiun  Manggarai sebagai stasiun central, dimana semua jurusan dari Jakarta bisa ke Manggarai dan dari Manggarai bisa ke bandara. Ataupun sebaliknya, dari bandara ke Manggarai dan Manggarai bisa ke seluruh tempat,” ujar Menhub Budi Karya.

Menhub menargetkan, pada bulan Maret 2019 ini Kereta Bandara sudah dapat beroperasi di Stasiun Manggarai. Sementara itu, untuk kereta jarak jauh rencananya akan ditargetkan beroperasi di Stasiun Manggarai pada akhir tahun 2019.

“Progres pembangunan di Manggarai sekarang kira-kira sudah 75 persen. Artinya, fungsi kedua selain KRL, yaitu kereta bandara sudah bisa dilaksanakan pada bulan Maret nanti. Pada akhir 2019 fungsi untuk kereta jarak jauh sudah mulai berfungsi,” ungkapnya.

Budi Karya juga berharap warga dari Depok dan Bogor yang akan ke Bandara Internasional Soekarno-Hatta menggunakan Kereta Bandara akan bisa lebih mudah lagi mengaksesnya dari Stasiun Manggarai yang menyatu dengan layanan KRL Commuter Line.

“Masyarakat dari Bogor dari bekasi juga bisa turun di Manggarai dari yang tengah Jakarta juga bisa akses ke sini,” ungkapnya.

Sementara itu, Direktur Utama PT Railink, Heru Kuswanto selaku operator Kereta Bandara mengatakan Stasiun Manggarai yang saat ini hanya dilewati dan menjadi depo kereta Bandara saja.

“Maret buka melayani, Mei nanti ada hall sendiri untuk kereta bandara, akhir 2019 ditargetkan nanti KA jarak jauh juga bisa berhenti di Manggarai,” katanya.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close