berita terkiniKeretaModa

Jusuf Kalla Ingin MRT Jakarta Punya 200 Kilometer Jalur dalam 10 Tahun

Motionupdate.com, JAKARTA – Dalam sebuah kunjungan kerjanya, Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla mengapresiasi kemajuan proyek MRT Jakarta yang akan segera beroperasi pada Maret 2019 mendatang.

“Moda transportasi ini aman, nyaman, dan tepat waktu. Tiga hal yang sangat penting untuk sebuah sistem transportasi. Masyarakat bisa menghitung perjalanan. Kritik saya hanya satu, yaitu kita terlambat bangunnya,” ucap JK.

“Kita apresiasi ini bisa dibangun sekarang ini. Ini baru 16 kilometer, kita butuh 200 km dalam sepuluh tahun ke depan agar semua warga Jakarta terjamin sistem transportasinya. Gubernur DKI Jakarta sedang merencanakan bagaimana integrasi dari seluruh sistem transportasi seperti MRT, LRT, dan bus Transjakarta,” lanjut ia.

Jusuf Kalla juga mengharapkan masyarakat lebih disiplin dalam menggunakan MRT. “Masyarakat akan lebih disiplin, tidak coret-coret, dan antre serta tepat waktu. Kita sudah lihat masyarakat sudah teruji ketika Asian Games 2018 lalu begitu disiplinnya orang-orang. Yang pasti harus sosialisasi dan ajakan kepada masyarakat,” ucap ia.

Dengan perpanjangan rute dan perbaikan infrastruktur LRT, MRT, dan bus transjakarta, akan membiasakan masyarakat untuk berjalan kaki dan menggunakan transportasi umum.

Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, juga menyampaikan rencana integrasi antara MRT Jakarta dan BRT Transjakarta.

“Contohnya di Stasiun Bundaran Hotel Indonesia ini. Begitu keluar, masyarakat sudah tersambung dengan Halte BRT Transjakarta. Dari mana saja, bisa pergi ke mana saja karena sudah tersambung. Saat ini, 75 persen masyarakat menggunakan transportasi pribadi dan 25 persen menggunakan transportasi publik. Kami targetkan di 2030, 75 persen masyarakat akan menggunakan transportasi publik,” kata ia.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close