berita terkiniModaPesawat

Pesawat Airbus A380 Punya Tempat Rahasia di Dalamnya, Apakah Itu?

Motionupdate.com, INGGRIS – Airbus telah memproduksi pesawat A380, sebagai pesawat penumpang terbesar, dan banyak dioperasikan oleh sejumlah maskapai penerbangan di dunia.

“Bagaimana pesawat raksasa ini bisa terbang di udara?” Kira-kira demikian pertanyaan yang biasa diajukan oleh orang-orang yang melihatnya secara langsung, baik itu di landas pacu atau di terminal bandara.

Biasanya pertanyaan selanjutnya yang diajukan adalah, “bagaimana mereka mengatur masuk keluarnya penumpang? Juga bagasi? Dan memastikan bahwa semua penumpang nyaman di dalamnya?”

Adapun salah satu maskapai yang mengoperasikan pesawat A380 adalah British Airways (BA). Salah satu media yang pernah diundang melongok pesawat raksasa tersebut adalah BBC Future.

BA mengundang BBC Future untuk secara khusus mengeksplorasi, dan masuk ke beberapa bagian pesawat yang tak pernah sama sekali diperlihatkan kepada para penumpang.

Undangan ini juga memberi kesempatan kepada BBC Future melihat secara langsung pemeriksaan dan pengecekan kelayakan terbang pesawat, yang di dunia penerbangan biasa disebut pengecekan 2A.

Pertama-tama, sebelum pengecekan, pesawat A380 harus masuk ke dalam hanggar. Karena ukuran super besar, hanggar di Heathrow, London Barat, harus dimodifikasi. Mengingat dengan tinggi 23 meter, hanggar ini tak bisa dimasuki pesawat A380.

Akhirnya para teknisi menambah ketinggian hanggar menjadi 26,5 meter. Itu pun masih dibilang mepet. “Butuh waktu 18 bulan untuk memodifikasi dua hanggar di Heathrow agar bisa mengakomodir pesawat A380,” kata Derek Cogswell, insinyur BA.

Sejauh ini Airbus, konsorsium perusahaan Eropa yang memproduksi A380, menawarkan dua jenis konfigurasi mesin dan yang dibeli BA menggunakan empat Rolls-Royce Trent 900 turbofans.

Ukuran penutup mesin begitu besar. Sehingga untuk membukanya harus dilakukan dengan bantuan tenaga listrik, tak bisa dilakukan dengan tangan secara manual.

BA membagi A380 menjadi dua tingkat atau deck, dengan jumlah maksimal penumpang yang bisa diangkut 469 orang. Perlu diketahui, jika semua kursi dikategorikan sebagai kelas ekonomi, maka A380 bisa mengangkut 853 orang.

Di antara dua tingkat atau kabin ini, ada satu hal yang tak pernah diperlihatkan kepada para penumpang, yaitu kamar khusus berisi 12 tempat tidur bertingkat yang dipakai awak pesawat untuk beristirahat.

Terutama ketika awak pesawat bekerja di rute-rute jauh, dengan waktu tempuh minimal 12 jam, seperti rute penerbangan London – Singapura. A380 memang dipakai melayani rute jarak jauh seperti London – Hong Kong atau London – San Francisco.

Bagi para insinyur, pesawat A380 menjadi tantangan tersendiri. Di perut A380 juga terdapat jaringan komputer, tentu saja lengkap dengan aneka macam kabel, yang membantu pilot mengoperasikan pesawat.

“Dimensi pesawat ini sungguh besar, semuanya berat, semuanya tinggi. Kalau Anda berada di puncak ekor pesawat, maka Anda akan bisa merasakan sendiri besarnya pesawat ini,” kata Cogswell.

Foto : Istimewa

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close