berita terkiniModaSepeda

Pabrikan General Motors Latah Ikut-ikutan Luncurin Si ‘Ariv’

Motionupdate.com, AMERIKA SERIKAT – Melihat kondisi ekonomi yang terjadi saat ini, dimana penjualan mobil tampak kurang bergairah, membuat General Motors (GM) harus berpindah haluan meluncurkan sepeda listrik yang diberi nama Ariv.

Hadirnya Ariv, merupakan langkah GM sebagai salah satu pabrikan raksasa roda empat, untuk memperluas portofolio dan diharapkan dapat melindungi dari ketidakpastian pasar yang terus berubah-ubah.

Terkait sepeda listrik ini, kabarnya GM akan mendapatkan persaingan ketat dari berbagai produsen mobil lain, yang juga ikut bermain di sepeda listrik.

Sebut saja produsen mobil merek Ford, yang juga telah memproduksi sepeda listrik, moped dan skuter listrik, untuk mengubah perilaku bertransportasi masyarakat.

Apa yang dilakukan Ford dan GM sepertinya selaras juga dengan langkah Harley-Davidson, produsen roda dua asal Amerika yang menghadirkan dua konsep sepeda listrik.

“Saya pikir GM dan Ford sama-sama mulai mencoba membuat transportasi nontradisional. Karena penjualan kendaraan mereka secara keseluruhan telah menurun,” kata analis CFRA Garrett Nelson, Minggu (17/2).

 

GM menjual sepeda listrik Ariv ke beberapa negara Eropa. Seperti Jerman, Belgia dan Belanda. GM memasarkan 2 model Ariv : Meld e-bike Kompak dan Merge e-bike lipat.

Dalam performa, keduanya disematkan motor listrik, dirancang khusus untuk menghadirkan tenaga dan torsi optimal. GM klaim sepeda listrik ini bisa mencapai top speed 25 km/jam (15,5 mph). Menariknya, sepeda listrik itu tawarkan 4 (empat) tingkat daya, yang dibantu pedal layaknya sepeda konvesional.

Menurut GM, Ariv dibekali baterai lithium-ion yang dirancang dan divalidasi dengan standar pengujian ketat mirip mobil listrik. Pengisian baterai hingga 100 persen hanya butuh waktu 3,5 jam dan menghasilkan jangkauan hingga 64 kilometer (40 mil).

Tak hanya itu, kedua sepeda listrik itu juga menawarkan komponen keselamatan. Mulai dari lampu depan dan belakang LED yang dapat diisi ulang, serta rotor rem besar.

Mengenai harga, di Belgia dan Belanda, Ariv Meld ditawarkan dengan harga 3.200 US dolar atau sekitar Rp48 juta dan Ariv Merge dibanderol dengan 3.800 US dolar atau sekitar Rp 57 juta.

Foto : Istimewa

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close